Masjid Tua Bungku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Tua Bungku

Masjid Tua Bungku merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Desa Marsaole Kec. Bungku Tengah, Kab. Morowali yang di bangun pada tahun 1835 atas prakarsa Raja Bungku VII yang bernama Kalili Mohammad Baba , yang dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Palu selama 7 jam .

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Kalili Mohammad Baba yang bergelar Peapua Levivi Rombia dalam membangun masjid dibantu oleh seorang Arsitek bernama Merodo bergelar Sanggaji, yang merupakan keturunan bangsawan dari Ternate dan tinggal di Desa Onette Kec. Bungku Tengah.

Profil[sunting | sunting sumber]

Masjid Tua Bungku dengan luas 15 x 24 m,dan tinggi bangunan dari tanah sampai ke atap tingkat 5 adalah 18 m, didirikan di atas batu tebal tanpa menara dan di kelilingi pagar besi di bagian depan masjid terdapat serambi yang berukuran 15 x 4 m, beratap dan berpagar kayu serta berpintu, sekarang di lokasi mesjid ini telah berdiri sebuah pesantren .[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wisata Sejarah. Jakarta: Direktorat Jenderal Sejarah da Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. 2007. hlm. 192.