Masjid Pertevniyal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Pertevniyal
Pertevniyal Camii
Agama
AfiliasiIslamSunni
ProvinsiIstanbul
Lokasi
LokasiFatih
Negara Turki
Arsitektur
ArsitekSarkis Balyan
TipeMasjid
Gaya arsitekturTurki dengan sedikit sentuhan arsitektur Utsmaniyah
Didirikan1872
Spesifikasi
Kubah1
Menara2

Masjid Pertevniyal (bahasa Turki: Pertevniyal Camii), secara resmi bernama Masjid Pertevniyal Valide Sultan (bahasa Turki: Pertevniyal Valide Sultan Camii), atau lebih dikenal dengan Masjid Aksaray Valide (bahasa Turki: Aksaray Valide Camii) adalah sebuah kompleks masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang berada di kawasan Aksaray, distrik Fatih, Provinsi Istanbul, Turki. Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1872, atas perintah Pertevniyal Sultan, istri dari Sultan Mahmud II, atau ibu dari Abdulaziz.[1] Masjid ini mungkin diarsiteki oleh Sarkis Balyan dari keluarga arsitek Ottoman-Armenia, Balyan.[2] Beberapa orang percaya masjid ini arsiteki oleh Montani Effendi, sementara yang lain percaya masjid ini diarsiteki oleh Sarkis Balyan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pertevniyal Valide Sultan Camiisi ( Pertevniyal Valide Sultan Mosque)". howtoistanbul.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-15. Diakses tanggal 2023-02-15. 
  2. ^ "Pertevniyal Valide Sultan Mosque Complex - Discover Islamic Art - Virtual Museum". islamicart.museumwnf.org. Diakses tanggal 2023-02-15. 
  3. ^ "[Pertevniyal Valide Sultan Camii, Aksaray, Constantinople, Turkey]". www.loc.gov (dalam bahasa Inggris). 1890. Diakses tanggal 2023-02-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]