Masjid Alekseevka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Alekseevka
Але́ксе́е́вка соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Bashkortostan
Lokasi
LokasiAlekseevka
Negara Rusia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturBashkir
Didirikan2004
Spesifikasi
Kubah1
Menara5

Masjid Katedral Alekseevka (bahasa Rusia: Але́ксе́е́вка соборная ме́че́ть) (bahasa Bashkir: Але́ксе́е́вка йәмиғ мәче́те́), atau lebih dikenal dengan Masjid Ufim (bahasa Bashkir: Өфө мәче́те́) adalah sebuah kompleks masjid bersejarah yang berada di desa Alekseevka, Republik Bashkortostan, Rusia. Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 2004, atas perintah komunitas Muslim setempat, yang kemudian diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 2 Maret 2005.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini dibuka pada tanggal 15 November 2004, pembukaannya bertepatan dengan awal pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Masjid ini merupakan bangunan dua lantai modern dengan lima minaret dan lima kubah kecil. Di luar, masjid dilapisi dengan batu bata merah, di dalam dilapisi dengan marmer. Bangunan masjid memiliki dua ruang salat terpisah untuk pria dan wanita, terdapat ruang kelas untuk mengajarkan dasar-dasar Islam pada para remaja yang sudah baligh.

Pembangunan masjid memakan waktu hampir empat tahun dan dibiayai oleh pertanian desa Alekseevka, dan umat Islam setempat. Kemudian proyek pembangunan masjid dilakukan oleh perusahaan Bashkortostanneftezavodstroy.

Upacara peletakan batu pertama dihadiri oleh Ketua Administrasi Spiritual Muslim Bashkir; Mufti Nurmukhamet Khazrat Nigmatullin; Uskup Agung Ufa dan Uskup Sterlitamak Nikon; Rektor Institut Islam Maryam Sultanova Ildar-Khazrat Malakhov, serta Ketua Dewan Dewan Urusan Agama di bawah Pemerintah Republik Belarus Mars Shagiev, dan oleh direktur pertanian desa Alekseevska Evgeny Maistrenko.

Imam muhtasib masjid adalah Mulyukov Varis Gilmullovich. Khutbah salat Jumat dilakukan dalam dua bahasa - Bashkir dan Rusia.

Pada tanggal 25 April 2012 di Masjid Katedral desa Alekseevka, pleno kunjungan Administrasi Spiritual Muslim Republik Bashkortostan berlangsung.[1] Masjid ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan anak-anak yang didedikasikan untuk Islam.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pleno Administrasi Spiritual Muslim Bashkortostan telah dibuka di wilayah Ufa" (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. 
  2. ^ "Di desa Bashkir, Alekseevka, anak-anak bisa belajar tentang Islam dan berkomunikasi" (dalam bahasa Rusia). islamrf.ru. Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]