Hidangan Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masakan Polandia)

Masakan Polandia (Polandia: kuchnia polska) adalah perpaduan antara tradisi kuliner Slavia, dan kuliner asing lainnya. Masakan Polandia banyak menggunakan daging, khususnya ayam dan babi, dan sayuran musim dingin, serta rempah-rempah, juga berbagai macam bakmi yang salah satu yang paling terkenal bernama pierogi. Seperti masakan Slavia, masakan Polandia juga banyak menggunakan kasza dan sereal.

Beberapa makanan populer dari Polandia antara lain:

  1. Pierogi: Adalah sejenis dumpling dengan berbagai macam isian seperti daging, keju, kentang, sauerkraut, atau buah-buahan. Pierogi biasanya direbus atau digoreng dan sering disajikan dengan saus asam manis.
  2. Bigos: Adalah hidangan khas Polandia berupa campuran daging babi, kubis, tomat, jamur, bawang, dan rempah-rempah. Bigos dianggap sebagai salah satu hidangan nasional Polandia.
  3. Golabki: Adalah hidangan kubis yang diisi dengan daging cincang dan nasi. Gulungan kubis ini kemudian direbus atau dipanggang dan disajikan dengan saus tomat atau sauerkraut.
  4. Zurek: Adalah sup asam yang terbuat dari tepung rye yang difermentasi, dengan tambahan daging, kentang, telur, dan sosis. Zurek biasanya disajikan dengan roti hitam dan mustard.
  5. Kotlet schabowy: Adalah daging babi yang dilapisi tepung roti dan digoreng. Kotlet schabowy sering disajikan dengan kentang tumbuk, sayuran, dan saus.
  6. Kielbasa: Adalah sosis Polandia yang terbuat dari daging babi atau sapi yang diasap atau dipanggang. Kielbasa biasanya disajikan dengan roti atau kentang tumbuk.
  7. Makowiec: Adalah kue gulung yang terbuat dari adonan yang diisi dengan pasta biji poppy, kismis, kacang, dan gula. Makowiec biasanya disajikan pada saat Natal atau perayaan lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]