Masa kini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Visualisasi masa kini (bidang biru tua), diantara kerucut cahaya masa lalu dan masa depan dalam ruang 2 dimensi.

Masa kini atau sekarang adalah waktu yang dikaitkan dengan peristiwa yang dirasakan secara langsung untuk pertama kali,[1] bukan sebagai ingatan (dirasakan lebih dari sekali) atau spekulasi (diprediksi, hipotesis, tidak pasti). Masa kini adalah periode waktu antara masa lalu dan masa depan. Masa kini dalam beberapa konteks dapat bervariasi maknanya, dari tepat di waktu dan detik ini hingga sehari atau lebih lama.

Masa kini kadang-kadang direpresentasikan sebagai hyperplane dalam ruang waktu,[2] biasanya disebut "sekarang". Namun, fisika modern menunjukkan bahwa hyperplane seperti itu tidak dapat didefinisikan secara unik untuk pengamat dalam gerakan relatif. Masa kini juga dapat dianggap sebagai sebuah durasi.[3][4] Dalam penanggalan radiokarbon, "masa kini" didefinisikan sebagai tahun 1950 M.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hegeler, E. C., & Carus, P. (1890). The Monist. La Salle, Ill. [etc.]: Published by Open Court for the Hegeler Institute. page 443.
  2. ^ Sattig, T. (2006). The language and reality of time. Oxford: Clarendon Press. Page 37.
  3. ^ James, W. (1893). The principles of psychology. New York: H. Holt and Company. Page 609.
  4. ^ Hodder, A. (1901). The adversaries of the sceptic; or, The specious present, a new inquiry into human knowledge. Chapter II, The Specious Present. London: S. Sonnenschein &. Pages 36 - 56.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kutipan tentang Present di Wikikutip