Lompat ke isi

Marshall Bell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marshall Bell
Marshall Bell, 2009
LahirArchibald Marshall Bell
28 September 1942 (umur 81)
Tulsa, Oklahoma, U.S.
Tahun aktif1970–sekarang
Suami/istriMilena Canonero ​(1980–sekarang)
IMDB: nm0068382 Allmovie: p5129 Edit nilai pada Wikidata

Archibald Marshall Bell (lahir pada 28 September 1942) merupakan seorang aktor karakter berkebangsaan Amerika. Dia dikenal sebagai aktor yang banyak membawakan peran karakter di film dan televisi, di antaranya A Nightmare on Elm Street 2: Freddy's Revenge (1985), Stand by Me (1986), Twins (1988), Total Recall (1990) and Starship Troopers (1997).

Awal kehidupan dan karir

[sunting | sunting sumber]

Bell lahir di Tulsa, Oklahoma dan tinggal di sana sampai usianya 13 tahun. Setelahnya, Bell dan keluarganya pindah ke Denver, Colorado. Bell bersekolah di asrama St. Paul's, Concord, New Hampshire, namun ia tidak menyelesaikan studinya karena dikeluarkan dari sekolah tersebut. Dia melanjutkan sekolah ke Sekolah Fountain Valley di Colorado Springs. Saat bersekolah di sana, Bell tertarik pada bidang keaktoran setelah bermain sebagai Elwood Dowd dalam pementasan berjudul Harvey.

Bell sempat dihadapkan pada kritik dari orang-orang yang meragukan kemampuan aktingnya, sehingga dia memutuskan untuk tidak berakting selama lebih dari 20 tahun. Dia kemudian melanjutkan pendidikan di University of Colorado dengan mengambil jurusan Sosiologi, dan mengabdi selama tiga tahun di Angkatan Darat. Setelah itu, Bell beralih menjadi konsultan, membantu para eksekutif bisnis dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Bell memulai karirnya sebagai aktor melalui peran sebagai Ronsky di film drama Alan Parker berjudul Birdy (1984). Setelah itu, dia berperan sebagai Gerry Jones dalam film Seven Minutes in Heaven (1985) yang disutradarai Fred Roos dengan genre komedi. Peran mayornya yang pertama adalah sebagai Schneider, seorang pelatih yang kejam di film horor A Nightmare on Elm Street 2: Freddy's Revenge (1985). Bell bermain sebagai Mr. Lachance, ayah Gordie's yang berduka di film drama petualangan Stand by Me (1986). Dia juga memainkan peran sebagai Webster, seorang pembunuh bayaran yang kejam di film komedi Twins (1988) yang dibintangi Arnold Schwarzenegger and Danny DeVito. Tidak hanya itu, Bell juga berperan sebagai George yang di perutnya terdapat mutan Kuato, pemimpin pemberontakan Martian dalam film blockbuster dengan genre fiksi ilmiah dan petualangan berjudul Total Recall (1990) yang disutradarai Paul Verhoeven dan dibintangi Schwarzenegger.

Dia memulai debut aktingnya di televisi dalam seri The Oldest Rookie pada tahun 1987, memerankan Detektif Gordon Lane. Bell membintangi seri pendek G vs E sebagai Ford Plasko. Dia juga tampil sebagai tamu di berbagai acara televisi, seperti Hill Street Blues, Wiseguy, Tales from the Crypt, The X-Files, Millennium, Deadwood, dan House. Selain itu, dia juga muncul dalam iklan televisi untuk IBM.

Peran film lainnya termasuk sebagai polisi bernama Lips dalam film laga kriminal Dick Tracy (1990) bersama Warren Beatty; sebagai gelandangan menakutkan yang meneror karakter Bill Paxton dalam komedi-thriller The Vagrant (1992) bersama Paxton dan Michael Ironside; Jenderal Owen dalam film fiksi ilmiah/petualangan Starship Troopers (1997); sipir Marshall Krutch dalam biopik pemenang penghargaan Capote (2005) bersama Philip Seymour Hoffman; John Leshing dalam film keluarga/misteri Nancy Drew (2007) bersama Emma Roberts; serta Kepala Sekolah Rocker dalam komedi Hamlet 2 (2008). Bell juga mengisi suara karakter Mr. Sesehund dalam film animasi Heidi 4 Paws (2008).

Kehidupan pribadi

[sunting | sunting sumber]

Bell menikah dengan Milena Canonero, seorang desainer kostum yang telah memenangkan empat Oscar, dan mereka tinggal di West Hollywood, California.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]