Marmitako

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marmitako
Nama lainMarmitako, marmita, marmite and sorropotún
JenisRebusan
Bahan utamaKentang, tuna, bawang, paprika, dan tomat
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Marmitako atau terjemahan harfiahnya hidangan tuna adalah makanan khas dari negeri Basque. Makanan ini adalah rebusan tuna yang dimakan di atas kapal pemburu ikan tuna di Laut Cantabria. Pada masa kini, hidangan ini terdiri atas rebusan kentang, bawang, merica, dan tomat.[1] Hidangan ini sangat populer, seiring makin dikenalnya dunia kuliner Basque oleh dunia internasional, dan juga dianggap sebagai salah satu cara terbaik mengolah tuna yang diketahui bergizi tinggi.

Ada juga beberapa hidangan marmitako yang menggunakan salmon.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Marmitako berasal dari kata dalam Bahasa Prancis, Marmite, yang berarti panci logam dengan tutup. Marmite dalam Bahasa Prancis atau marmita dalam Bahasa Spanyol kemudian diadopsi oleh penduduk daerah timur dan tengah Pantai Cantabria. Sementara di barat, kata sorropotún lebih sering digunakan. Dalam Bahasa Basque, marmitako berarti "berasal dari panci".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barrenechea, T.; Koehler, J.; Hirsheimer, C. (2009). The Cuisines of Spain: Exploring Regional Home Cooking. Ten Speed Press. hlm. pt188. ISBN 978-1-58008-835-0. Diakses tanggal August 23, 2019.