Marlin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ikan Marlin menjadi sangat populer karena tenaganya yang besar, ukuran yang jumbo, dan sangat agresif. Terdapat tiga jenis marlin, yaitu marlin hitam, biru dan putih. Mereka masih termasuk dalam keluarga billfish, termasuk juga dengan ikan layaran. Ikan ini tersebar di perairan Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Ikan marlin memiliki ciri-ciri mulut yang runcing dan tajam seperti pedang. Ikan marlin yang terkenal untuk dipancing adalah ikan marlin biru. Ketika dipancing, fenomena yang ditunggu oleh para pemancing adalah loncatannya dari permukaan air.

Ikan marlin biru dewasa beratnya bisa mencapai 2000 pon (1000kg) dengan panjang hingga 14 kaki (4,2 meter).

Habitat: Ikan marlin banyak terdapat di perairan dalam samudra atlantik dan samudera hindia. Mereka biasanya bermigrasi pada musim tertentu ke lokasi perairan yang permukaannya agak hangat.

Ikan marlin menjadikan cumi-cumi dan ikan-ikan pelagis sebagai makanan utama. Namun, terkadang ikan ini juga memakan tuna mackerel, ikan terbang, dan ikan kecil lainnya. Ikan marlin dapat berumur sampai usia 15 tahun, tetapi kebanyakan ikan ini banyak tertangkap manusia pada usia kurang dari 10 tahun.