Marie Cavallier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Putri Marie dari Denmark
Prinsessan Marie av Danmark.jpg
Putri Marie pada Juni 2013
Lahir6 Februari 1976 (umur 43)
Paris, Prancis
WangsaWangsa Monpezat
Nama lengkap
Marie Agathe Odile
AyahAlain Cavallier
IbuFrançoise Grassiot
PasanganPangeran Joachim dari Denmark
AnakPangeran Henrik
Putri Athena
AgamaLutheran; Katolik Roma (sebelumnya)

Putri Marie (Marie Agathe Odile Cavallier; lahir di Paris, 6 Februari 1976; umur 43 tahun) adalah istri dari Pangeran Joachim dari Denmark, anak bungsu dari Ratu Margrethe II dan Pangeran Henrik, Suami Ratu.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Lahir di Paris, Prancis pada 6 Februari 1976, Marie adalah putri dari Alain Cavallier, seorang pemilik sebuah biro iklan dan telah pensiun dan Françoise Grassiot, seorang pemilik hotel Chateau de la Vernède, menikah pada 14 Juni 1975 dan kemudian bercerai. Marie memiliki empat saudara tiri, Benjamin dan Gregory Grandet, keduanya lahir di Swiss, dan Charles dan Edouard Cavallier, keduanya lahir di Paris. Seperti putri, keempat saudara tirinya itu dibesarkan di Paris.

Pendidikan dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Marie menghadiri sekolah dasar di Paris pada tahun 1981-1989. Pada tahun 1989, ia pindah ke Beau-Soleil International Boarding School di Villars, Swiss dan tinggal di sana sampai ujian menengah atas pada bulan Juni 1993.

Marie mempelajari bisnis internasional dan ekonomi di Babson College, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (1995-1997) dan ekonomi di universitas di Geneva (1994-1995), ia memiliki gelar Sarjana Seni dari Marymount Manhattan College, New York (1997-1999). Selama bertahun-tahun penelitian, Marie bekerja di Estee Lauder di Paris sebagai asisten manajer humas pada musim panas 1994 dan sebagai asisten direktur ING Numismatik Grup SA di Geneva, Swiss pada musim panas 1997. Selain mengejar studi universitas, Putri diajarkan bahasa Prancis.

Setelah studi universitas selesai, Marie bekerja di biro iklan DoubleClick. Inc di New York sebagai marketing koordinator internasional. Pada tahun 2002, Marie pindah kembali ke Paris dan bekerja di departemen pers biro iklan Marketing Media Prancis. Pada tahun 2004, Marie menjadi asisten direktur dari kantor berita Reuters keuangan Radianz di Geneva. Dari Januari 2005 sampai pernikahannya dengan Pangeran Joachim, Marie bekerja sebagai sekretaris eksekutif di ING Numismatik Grup SA.

Bahasa ibu sang Putri adalah bahasa Prancis. Dia juga berbicara bahasa Denmark, Inggris, Italia dan Spanyol.

Kehidupan Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pernikahan dan Anak[sunting | sunting sumber]

Saat liburan di Turki selama musim panas tahun 2007, Joachim melamar Marie. Marie menerima cincinnya pada hari sebelum konferensi pers, ketika pasangan itu yakin pers tidak akan menemukannya. Pada tanggal 3 Oktober 2007, pihak istana Denmark mengumumkan bahwa Pangeran Joachim dari Denmark bertunangan untuk menikahi Marie Cavallier.[1]

Pada tanggal 24 Mei 2008, Marie Cavallier menikah Pangeran Joachim dari Denmark dan berhubungan dengan pernikahan, ia menjadi Yang Mulia Putri Marie, Pangeran Wanita Monpezat. Upacara pernikahan berlangsung di Gereja Mogeltonder, dan pesta pernikahan diadakan di Kastil Schackenborg.

Anak-anak mereka adalah Pangeran Henrik Carl Joachim Alain, lahir 4 Mei 2009, dan Putri Athena Marguerite Françoise Marie lahir 24 Januari 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Marie, Princess of Denmark di Wikimedia Commons