Mao Zemin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mao Zemin
Mao Zemin.jpg
Lahir3 April 1896
Xiangtan, Hunan, Dinasti Qing
Meninggal27 September 1943
Ürümqi, Xinjiang, Republk Tiongkok
Sebab meninggalDieksekusi oleh Kuomintang
KebangsaanTiongkok
PekerjaanTentara gerilya

Mao Zemin毛泽民 (3 April 1896 sampai 27 September 1943), juga menggunakan Zhoubin sebagai nama alias-nya, lahir di Xiangtan, provinsi Hunan, adalah kepala bank negara Negara Merah di Ruijin dan juga Menteri Departemen Ekonomi Nasional. Ia adalah saudara bungsu dari Mao Zedong, dan bergabung dengan Partai Komunis China pada masa-masa awal. Saat Perang Dunia II, ia dikirim ke Xinjiang oleh Komite Pusat partai tersebut pada 1938. Ia dan Chen Tanqiu (陈潭秋) ditangkap oleh panglima perang Sheng Shicai (盛世才) ketika berada di Ürümqi, Xinjiang. Ia dihukum mati pada 27 September 1943.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Mao Zemin (yang mengambil nama Runlian (润莲) sebagai nama kehormatannya) adalah saudara pemimpin komunis Mao Zedong dan Mao Zetan. Ia bergabung dengan PKT pada 1922. Ia dilantik menjadi menteri departemen ekonomi di wilayah Minyuegan (闽粤赣) pada 1931, dan manajer bank nasional pada tahun berikutnya. Mao Zemin menuntut ilmu di sekolah hanya selama 4 tahun.

Pada musim gugur 1921, Mao Zemin kuliah di Universitas belajar-mandiri Hunan yang didirikan oleh Mao Zedong, sambil mengumpulkan dana untuk Partai Komunis Tiongkok (PKT). Pada akhir tahun ia menjadi anggota PKT.

Pada November 1922, ia mengorganisir pemogokan buruh di Changsha. Pada akhir 1922, Mao Zemin pergi untuk mempromosikan gerakan pekerja pertambangan di distrik Anyuan, provinsi Jiangxi ia menjabat sebagai Kepala kelompok ekonomi buruh. Pada bulan Februari 1923, ia terlibat dalam pengorganisasian pembentukan entitas ekonomi saham gabungan di bawah kepemimpinan partai komunis bernama koperasi konsumen penambang Jalan An Yuan. Pada bulan Agustus, ia terpilih menjadi manajer umum, sambil mempertahankan minat dan memperluas kesejahteraan pekerja, pada saat yang sama ia juga mengumpulkan serta menyiapkan dana untuk kegiatan partai komunis.

Pada bulan Februari 1925, Mao Zemin pergi ke daerah Xiangxiang di kota Xiangtan, provinsi Hunan untuk melakukan gerakan buruh bersama saudaranya dan membangun organisasi partai pedesaan yang pertama. Pada bulan September, ia pergi ke Guangzhou untuk belajar Gerakan buruh.

Pada Juli 1931, Zemin pergi ke daerah revolusioner pusat, ia menjabat sebagai Menteri departemen ekonomi di Fujian, Guangdong dan Jiangxi. Pada Desember 1931, ia diangkat sebagai anggota Komite Keuangan dan Manajer Bank Nasional oleh Pemerintah Pusat, di samping itu dia juga adalah seorang manajer paruh waktu dari perusahaan Tiongkok yang memproduksi bijih tungsten.

Pada bulan Oktober 1934, Mao Zemin yang menjabat sebagai presiden Bank Nasional ikut serta dalam Mars Panjang bersama Tentara Merah Pusat, di sini dia berperan sebagai komisaris politik brigade ke-15 Pusat yang membantu mengumpulkan makanan, dana, dan keseluruhan perbekalan yang digunakan oleh tentara komunis selama Mars Panjang. Pada November 1935, Mars Panjang tiba di daerah utara provinsi Shaanxi, ia diangkat menjadi menteri ekonomi pemerintah dan memimpin Kementerian ekonomi nasional untuk menghancurkan blokade militer yang dipimpin oleh Yan Xishan di Shanxi, membantu mengangkut kain dan kapas, dan mengorganisasi para pekerja untuk membuat kain katun yang digunakan oleh para tentara komunis. Pada April 1937, ia pergi ke Shanghai untuk menjalankan tugas-tugas keuangan khusus.

Pada 17 September 1942, Mao Zemin bersama dengan teman komunisnya bernama Chen Tanqiu, ditangkap oleh panglima perang Sheng Shicai, yang telah bekerja erat dengan pihak Uni Soviet tetapi kemudian malah berbalik melawan mereka. Di penjara, Sheng Shicai menyiksa Zemin untuk mengakui bahwa Partai Komunis melawan pemerintahan nasionalis dan memaksanya untuk mundur dari Partai Komunis. Dia menolak untuk menyerah dan akhirnya dieksekusi.[1]

Putranya, Mao Yuanxin, berperan penting dalam tahun-tahun terakhir Mao.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whiting (1958), hlm. 287-280.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]