Manuel Chrysoloras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Manuel Chrysoloras
Manuel Chrysoloras - Imagines philologorum.jpg
Gambar Manuel Chrysoloras
Lahirsekitar 1355
Konstantinopel
Meninggal15 April 1415
Kota merdeka Kontanz
KebangsaanYunani
PekerjaanDiplomat, sarjana dan guru
Tahun aktif1390 – 1415
Dikenal atasMenerjemahkan karya Homer dan Plato ke dalam bahasa Latin
Karya terkenalErotemata Civas Questiones

Manuel atau (Emmanuel) Chrysoloras (bahasa Yunani: Μανουὴλ Χρυσολωρᾶς; sekitar 1355 – 15 April 1415) adalah pelopor dalam memperkenalkan literatur bahasa Yunani ke Eropa Barat selama abad pertengahan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Chrysoloras lahir di Konstantinopel dari keluarga terhormat. Pada 1390, ia memimpin kedutaan yang dikirim ke Venesia oleh kaisar Manuel II Palaeologus untuk memohon bantuan kepada para pangeran Kristen untuk melawan Muslim Turki.

Chrysoloras menerjemahkan karya Homer dan Republik karya Plato ke dalam bahasa Latin. Karya-karyanya sendiri juga beredar dalam bentuk manuskrip di masa hidupnya seperti Prosesi Roh Kudus dan surat-surat kepada saudara-saudaranya, kepada Leonardo Bruni L. Bruni, Guarino, Traversari, dan Strozzi

Karyanya yang paling terkenal adalah Erotemata (Pertanyaan) yang merupakan tata bahasa Yunani dasar pertama yang digunakan di Eropa Barat, pertama kali diterbitkan pada tahun 1484 dan dicetak ulang secara luas, yang kesuksesannya tidak hanya dinikmati oleh para murid-muridnya di Florence, tetapi juga oleh para humanis terkemuka di kemudian hari. Satu lagi karya terkenalnya adalah Epistolæ tres de comparatione veteran et novæ Romæ (Tiga Surat tentang Perbandingan Roma Lama dan Baru yaitu perbandingan antara Roma dan Konstantinopel).

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Chrysoloras's letters can be found in Patrologia Graeca, ed. J.-P. Migne, vol, 156, Paris 1866.
  • M. Baxandall, 'Guarino, Pisanello and Manuel Chrysoloras', Journal of the Warburg and Courtauld Institutes 28 (1965), 183–204.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]