Mansur Datuk Nagari Basa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Potret Buya Mansur sebagai anggota Konstituante (1956—1959)

Mansur Datuk Nagari Basa atau akrab dipanggil Buya Mansur (lahir di Nagari Surau Koto Sami, Kamang Mudik, Tilatang Kamang (sekarang Kamang Magek), Agam, Sumatera Barat pada Juni 1908 – meninggal tidak diketahui) adalah seorang akademisi pendidikan Indonesia. Ia pernah menjadi Ketua Presedium Rektor IAIN (sekarang Universitas Islam Negeri) Imam Bonjol untuk periode Februari–Juli 1971. Sebelum menjadi Rektor IAIN Imam Bonjol, ia menjabat sebagai Ketua Mahkamah Syariah, Pengadilan Tinggi Agama Islam Sumatera Barat, Riau dan Jambi pada 1958 dan Kepala Badan Pengawas Pengadilan Agama Sumatera Barat pada 1963.

Menurut kesaksian keluarganya, Mansur kecil tergolong anak yang cerdas. Saat masuk sekolah rakyat (SR), ia begitu cepat bisa menangkap dan memahami apa yang disampaikan oleh gurunya di sekolah, sehingga membuat guru "begitu perhatian dan sayang kepadanya".[1] mengecap pendidikan di Sekolah Gubernemen, tapi hanya sebentar. Mansur belajar secara mendalam ilmu-ilmu seperti tauhid, tafsir, hadis, nahwu, sharf, fikih, dan ushul fiqih. Mengingat prestasinya yang sangat baik, Mansur diperbantukan mengajar di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Sumani, Solok selama setahun.

Pada tahun 1964 sampai tahun 1950, Mansur menjadi anggota Dewan Pemerintahan Daerah (DPD) Kabupaten Agam. Pada pemilihan umum 1955, ia terpilih menjadi anggota Konstituante. Dalam bidang penerintahan, ia pernah menjabat sebagai staf untuk Bupati Militer Kabupaten Agam pada 1945.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raichul Amar dkk, Al-Fadli (November 2016). IAIN Imam Bonjol Padang 1966–2016: Tonggak Sejarah Kebangkitan Perguruan Tinggi Islam di Sumatera Barat. Imam Bonjol Press. 
Didahului oleh:
Prof. Dr. Mahmud Yunus
Rektor IAIN Imam Bonjol Padang
19711971
Diteruskan oleh:
Baharuddin Syarif, M.A.