Mangi-mangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mangi-mangi
Genre
Ditulis oleh
  • Roberto Rosendy
  • Futria
SutradaraAlif Steve
Pemeran
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. episode2 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifKhairul Hidayati
Produser
  • Dexandra Bayu
  • Kirana Kejora
SinematografiInsan Dwi Anugrah
PenyuntingAhyar Babas
Rumah produksiNevsky Visual Kreasi
Rilis asli
JaringanMAXstream
Rilis08 September 2021 (2021-09-08)

Mangi-mangi adalah seri web Indonesia bertema literasi kemaritiman tahun 2021 persembahan Kemenkomarves RI berkolaborasi dengan Telkomsel yang ditayangkan secara eksklusif di MAXstream. Serial ini dibintangi oleh Fachri Muhammad, Rinaldy Zulkarnain dan Laras Sardi.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Serial Mangi-Mangi dihadirkan oleh Biro Komunikasi Kemenkomarves RI untuk menginspirasi sekaligus mendorong semangat anak muda daerah agar dapat lebih berdaya dalam mengembangkan desa melalui budidaya kepiting soka sebagai salah satu biota laut yang memiliki nilai potensial di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Agung Kuswandono mengatakan film ini menjadi salah satu upaya memperkenalkan budaya bahari. Selain itu, juga memberikan pemahaman tentang literasi maritim dan pentingnya ekonomi sirkular kepada masyarakat dan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pentingnya hutan mangrove utamanya terhadap para anak muda.[2]

Serial ini menggunakan kata mangi-mangi sebagai judul. Mangi-mangi sendiri adalah mangrove yang populer di Teluk Bintuni, Papua Barat yang dikenal sebagai penghasil gas. Lewat mangrove atau mangi-mangi, masyarakat Papua mendapat sumber kehidupan. Yakni, kepiting soka yang menjadi komoditi terbesar di Teluk Bintuni. Kepiting-kepiting itu biasa bersembunyi di dasar hutan mangrove. Bagaimana kepiting soka di Teluk Bintuni dibudidayakan diolah kedalam bentuk serial.[3]

Dalam pembuatan seri Mangi-Mangi ini, Kemenko Marves menjalin kolaborasi dengan salah satu provider telepon selular yakni Telkomsel. Sehingga seri tersebut dapat diakses di platform video on demand dari Telkomsel yaitu MAXstream.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Mangi-Mangi yang terdiri dari dua episode ini ditayangkan perdana di MAXstream pada tanggal 08 September 2021. Episode pertama berdurasi 22 menit 36 detik sedangkan episode kedua berdurasi 26 menit 8 detik.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mangi-Mangi tentang Aris, Raha, dan Laras yang cemas pada kondisi desa mereka yang tak dapat menghasilkan apa pun karena banyak pemuda-pemudi yang memilih merantau. Ketiga remaja ini lantas tergerak untuk memberdayakan pemuda-pemudi desa yang tersisa agar dapat produktif sekaligus menggerakkan roda perekonomian desa melalui budidaya kepiting soka. Namun, usaha membudidaya kepiting soka banyak menemui tantangan bahkan mengalami kegagalan, sehingga menguji komitmen ketiganya yang ingin memajukan desa tempat tinggalnya.[4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Fachri Muhammad sebagai Aris
  • Rinaldy Zulkarnain sebagai Raha
  • Laras Sardi sebagai Laras
  • R. R. Liza Setyawaty sebagai Ibu Laras
  • Lisa H. Pandansari sebagai Ibu Aris

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komunikasi, Oleh Biro. "Bersama Telkomsel, Kemenko Marves Luncurkan Film Seri 'Mangi-Mangi'". maritim.go.id. Diakses tanggal 2021-10-15. 
  2. ^ Husna, Mawaddatul. "Telkomsel - Kemenko Kemaritiman RI Sajikan Serial Inspiratif 'Mangi-Mangi' di MAXstream". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2021-10-15. 
  3. ^ Arradian, Danang. "Mangi-Mangi, Serial Tentang Kepiting Soka dan Pemuda Papua, Sudah Tayang di MAXstream". Sindonews.com. Diakses tanggal 2021-10-15. 
  4. ^ Bastian, Ronald. "Sinopsis Mangi-Mangi, Serial MAXstream Terbaru". GayaTekno.ID Karena Teknologi Adalah Gaya Hidup (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]