Mandar-laut sejati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mandar-laut sejati
Cepphus

Black guillemot ( Cepphus grylle)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliAlcidae
GenusCepphus
Pallas, 1769
Species
Cepphus grylle

Cepphus columba

Cepphus carbo

Cepphus adalah genus burung laut dalam keluarga auk yang juga disebut sebagai mandar-laut sejati atau hanya sebagai mandar-laut . Nama genus Cepphus berasal dari bahasa Yunani Kuno κέπφος</link> kepphos, [1] burung air pucat yang disebutkan oleh penulis Yunani termasuk Aristoteles . [2] Kata bahasa Inggris "guillemot" berasal dari bahasa Perancis guillemot mungkin berasal dari Guillaume, "William". [3] Mandar-laut yang berasal dari genus uria nama asal usulnya tidak diketahui tetapi namanya mungkin karena mereka menghasilkan suara yang sama dengan Mandar-laut sejati dari genus cepphus. [4]

Ini adalah burung berukuran sedang dengan bulu sebagian besar berwarna hitam pada musim kawin, paruh tipis berwarna gelap, serta tungkai dan kaki berwarna merah. Dua spesies memiliki bercak sayap putih, spesies ketiga memiliki “kacamata” wajah berwarna putih. Bulu mereka jauh lebih pucat pada musim dingin, berbintik-bintik di atas dan putih di bawah.

Habitat perkembangbiakannya adalah pantai berbatu dan pulau-pulau di pesisir utara Samudera Atlantik dan Pasifik . Mereka biasanya bertelur di tempat berbatu dekat air.

Burung-burung ini mungkin melewati musim dingin di daerah perkembangbiakannya, berpindah ke perairan terbuka, jika perlu, tetapi biasanya tidak bermigrasi terlalu jauh ke selatan.

Mereka menyelam untuk mencari makanan dari permukaan, berenang di bawah air. Mereka terutama memakan ikan dan krustasea, juga beberapa moluska, serangga, dan bahan tumbuhan.

Spesiesnya adalah:

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Cepphus grille Mandar-laut hitam atau tystie Sirkumpolar: Pantai Arktik, Atlantik Utara, Alaska
</img> Cepphus columba Mandar-laut dara Kepulauan Kuril dan Semenanjung Kamchatka di Siberia hingga pantai di Amerika Utara bagian barat dari Alaska hingga California.
</img> Cepphus karbo Mandar-laut kacamata Laut Okhotsk dan Kepulauan Kuril di Rusia dan di pulau utara Hokkaidō di Jepang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ κέπφος. Liddell, Henry George; Scott, Robert; A Greek–English Lexicon at the Perseus Project
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 96. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ "Guillemot"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  4. ^ "Murre"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub