Cepphus columba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cepphus columba Edit the value on Wikidata
Pigeon guillemot.jpg
Adult in breeding plumage
Data
Rentang sayap0,578 m Edit the value on Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN22694864 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliAlcidae
GenusCepphus
SpesiesCepphus columba Edit the value on Wikidata
Pallas, 1811
Distribusi
PIGU distribution.png
  Range

Cepphus columba adalah spesies burung dalam keluarga auk, Alcidae. Salah satu dari tiga spesies dalam genus Cepphus, yang paling dekat hubungannya dengan guillemot berkacamata. Ada lima subspesies merpati guillemot; semua subspesies, ketika bulu berkembang biak, berwarna coklat tua dengan kemilau warna-warni hitam dan bagian sayap yang khas dipatahkan oleh irisan coklat-hitam. Bulunya yang tidak berkembang biak memiliki bagian atas abu-abu dan hitam berbintik-bintik dan bagian bawah putih. Paruhnya yang panjang berwarna hitam, begitu juga dengan cakarnya. Kaki, telapak kaki, dan bagian dalam mulut berwarna merah. Ini sangat mirip dengan guillemot hitam, yang sedikit lebih kecil dan tidak memiliki irisan sayap gelap yang ada di guillemot merpati. Gabungan, keduanya membentuk superspesies.

Pigeon guillemot adalah auk berukuran sedang, panjangnya 30 hingga 37 cm (12 hingga 15 inci) dan beratnya 450 hingga 550 g (16 hingga 19 oz). Kedua jenis kelamin sama dalam penampilan dan massa, kecuali burung California di mana betina ditemukan memiliki paruh lebih besar daripada jantan. Bulu musim panas atau berkembang biak dewasa sebagian besar berwarna coklat tua dengan kemilau hitam, dengan patch sayap putih dipatahkan oleh irisan coklat-hitam. Di musim dingin, bagian atas berwarna hitam, sering dengan pinggiran hitam memberikan penampilan bergigi, dan bagian bawah dan pantat berwarna putih. Dahi, mahkota, lores, garis mata, dan penutup telinga berwarna hitam dengan ujung putih, terkadang ujungnya menyempit dan kepala terlihat hitam.[8] Di semua bulu, sayap bawahnya polos dan gelap.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Cepphus columba". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Vanner, Michael (2004). The Encyclopedia of North American Birds. Bath, England: Parragon. hlm. 167. ISBN 978-0-75258-734-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]