Mandar-laut hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cepphus grylle)
Mandar-laut hitam
Cepphus grylle

Black guillemot resting on a cliff in Reykjanes, Iceland
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694861
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliAlcidae
GenusCepphus
SpesiesCepphus grylle
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim takson
  • Alca grylle Linnaeus, 1758
  • Colymbus grylle Linnaeus, 1766
Distribusi

Cepphus grylle atau umum dikenal sebagai mandar-laut hitam dalah burung laut berukuran sedang dari keluarga alsida, Alsidae, ini adalah burung asli di seluruh pantai Atlantik utara dan pantai timur Amerika Utara. Ini adalah penduduk di sebagian besar jangkauannya, tetapi populasi besar dari Arktik tinggi bermigrasi ke selatan di musim dingin.

Burung ini dapat dilihat di dalam dan di sekitar habitat perkembangbiakannya di pantai berbatu, tebing dan pulau-pulau dalam kelompok tunggal atau kecil berpasangan. Mereka makan terutama dengan menyelam ke dasar laut dengan memakan ikan, krustasea atau invertebrata bentik lainnya. Mereka terdaftar dalam daftar merah IUCN sebagai spesies yang berisiko rendah.

Nama genus Cepphus berasal dari Yunani Kuno kepphos, burung air pucat yang disebutkan oleh penulis Yunani termasuk Aristoteles. Nama spesies grylle adalah nama dialek lokal untuk burung ini di Gotland pada saat Linnaeus berkunjung ke sana pada tahun 1741.[2]÷ Kata bahasa Inggris "guillemot" berasal dari bahasa Prancis guillemot mungkin berasal dari Guillaume, "William".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Cepphus grylle". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird NamesAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. London: Christopher Helm. hlm. 96, 180. ISBN 978-1-4081-2501-4. 

Literatur[sunting | sunting sumber]