Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mamberamo Tengah
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
KabupatenMamberamo Raya
Populasi
 • Total8.707 jiwa
 • Kepadatan2/km2 (5/sq mi)
Kode pos
99376
Kode Kemendagri91.20.01 Edit the value on Wikidata
Luas4.230 km²
Kampung/kelurahan11 kampung

Mamberamo Tengah adalah sebuah distrik yang berada di kabupaten Mamberamo Raya, provinsi Papua, Indonesia. Pada tahun 2020 penduduk distrik ini berjumlah jiwa, dengan kepadatan jiwa/km². Mata pencaharian penduduk di kampung ini pada umumnya adalah bertani, dengan sebagian kecil sebagai guru ataupun pedagang, atau pejabat desa.[1]

Ibukota disrik Mamberamo Tengah berada di kampung Kasonaweja. Sementara ibukota kabupaten Mamberamo Raya, juga berada di distrik ini, tepatnya berada di kampung Burmeso, yang bersebelahan dengan kampung Kasonaweja, dan juga berada di aliran sungai Mamberamo.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Suku[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2020, penduduk distrik Mamberamo Tengah berjumlah 8.707 jiwa, dengan kepadatan 2 jiwa/km². Suku Bauzi di Mamberamo Raya, merupakan suku asli setempat, dan terkenal sebagai pemburu buaya dan ular. Bagi mereka, daging buaya dan ular adalah makanan terbaik di dunia. Rasanya sangat lezat, lembut dan gurih. Daging buaya dan ular ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang di atas perapian, dimakan bersama sagu, pisang bakar atau sukun.[2] Ada juga pendatang lain dari luar daerah maupun luar Papua.

Agama[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri 2020 mencatat bahwa penduduk distrik Mamberamo Tengah memiliki beragam kepercayaan atau agama yang dianut. Adapun persentasi penduduk menurut agama yang dianut di Mamberamo Tengah ialah, Kristen sebanyak 90,72%, dimana Protestan 88,86% dan Katolik 1,86%. Kemudian sebagian lagi beragama Islam 9,27% dan Hindu 0,01%.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Visualisasi Data Kependuduakan - Kementerian Dalam Negeri 2020" (visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 14Juni 2021. 
  2. ^ "Suku Bauzi dan Buaya Sungai Mamberamo Raya Papua". www.kumparan.com. Diakses tanggal 14 Juni 2021.