Majelis Riyadus Shalihin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Majelis Riyadus Shalihin
JenisMajelis Ta'lim
Didirikan2010
AfiliasiPendidikan Islam
Lokasi,
Indonesia

Majelis Ratib Sholawat dan Silaturahim Riyadus Shalihin adalah Majelis Ta'lim rutinan setiap malam senin yang berlokasi di Kampung Rawa Bogo Jatimekar Jatiasih, Kota Bekasi. Majelis ini berdiri pada tanggal 26 September 2010 lokasi pertama terbentuknya majelis ini adalah Masjid Jami Nurul Islam kampung Rawa Bogo.

Sejarah Berdiri[sunting | sunting sumber]

Majelis ini di dirikan oleh kumpulan para remaja yang hendak beramai-ramai menuntut ilmu hingga terbentuklah sebuah majelis Ta'lim pada malam senin yang di pimpin oleh Al-Mukarom Al-Ustad M. safar. Pada awal terbentuknya majelis ini hanya sebagian remaja saja yang tertarik untuk hadir dalam majelis ini untuk menuntut ilmu. Namun walau demikian kegiatan ta'lim majelis ini tetap berlangsung. Adapun angkaian kegiatan Ta'lim pada waktu itu antara lain Pembacaan Ratib Al-Attos yang menjadi wirid, Pembacaan kisah Maulid, Ta'lim pembahasan kitab Riyadul Badriah oleh Al-Ustad M. Safar. Pada awal terbentuknya, majelis ini tidak memiliki nama, namun sang guru memberi sebuah masukan apabila sudah membaca Ratib Al-Athos yang ke-41 maka majelis ini akan di beri nama.

Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya sampai pada minggu ke-41 pada pembacaan Ratib Al-Athos yang ke-41 dan pada malam ini nama majelis ini dimusyawarahkan. Dari semua masukan oleh semua pengurus akhirnya terpilihlah nama Majelis Ratib dan Sholawat Riyadus Shalihin.

Selain kegiatan rutin, Majelis Ratib dan Sholawat Riyadus Sholihin pun berkunjung ke majelis Ta'lim lain yang berada di luar kampung guna menuntut ilmu dan bersilaturahmi untuk memperkuat ukhuwah islamiyah.

Seiring berjalannya waktu mulai bergabunglah Al-Mukarom Al-Habib Syeh bin Umar bin Jafar Al-Hasani yang berasal dari Condet Jakarta Timur. Pada awal bergabungnya dia, dia masih belum begitu aktif mengikuti majelis ini. Namun berkat ke istiqomahan dari seluruh pengurus Majelis dia pun mulai aktif mengikuti majelis ini.

Berkat dari keistiqomahan kegigihan semua pengurus majelis, majelis mengalami kemajuan yang signifikan sehingga bergabunglah Al-Habib Abdul Qodir bin Hamid bin Tohir Al-Hadad yang berasal dari Ciracas Jakarta Timur.

Dan mulai saat itu Al-Habib Syeh bin Umar bin jafar Al-Hasani meminta jadwal dia untuk mengisi acara Majelis dan di sepakati dia mengisi pada minggu ke-3. Pada awal dia mengisi Majelis pada malam senin ke-3 dia mengisi dengan pembacaan Maulid Burdah.

Lambat laun majelis ini berjalan 1 tahun, Al-Habib Syeh bin Umar bin Jafar Al-Hasani menambahkan nama pada majelis ini yaitu manjadi Majelis Ratib Sholawat dan Silaturahim Riyadus Sholihin. Penambahan nama Silaturahim pada majelis ini berdasarkan amanat dari ayah dia yitu Al-Habib Umar bin Jafar Al-Hasani. Penambahan nama tersebut di karenakan di awal terbentuknya majelis ini majelis ini sering sekali perpindah tempat dari rumah ke rumah berdasarkan permintaan warga yang ingin rumahnya ke tempatan majelis. Berbeda dengan sekarang majelis lebih sering bertempat di rumah Al-Ustad M. Safar Kampung Rawa Bogo Jatimekar Jatiasih-Kota Bekasi. Namun anggota majelis tidak menolak jika ada warga yang ingin meminta jadwal majelis bertempat di rumahnya.

Tidak hanya menambahkan nama pada majelis ini dia juga menambahkan satu wiridan lagi pada majelis ini yaitu pembacaan Tawasul Sayidil Walid yang alhamdulillah menjadi rutinitas dalam majelis ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]