Mahidevran Sultan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mahidevran)

Mahidevran Sultan
ماه دوران سلطان
LahirMalhurub
c. 1498
Kerch, Semenanjung Krimea
Meninggal3 Februari 1581 (umur 83)
Bursa, Kesultanan Utsmaniyah
Tempat pemakamanKomplek Muradiye, Bursa
Suami/istriSuleiman I
AnakSehzade Mustafa (1515–1553)
Orang tuaIdar of Kabardia (atau Abdullah Recai) dan Nazcan Hatun (istri Idar)

Mahidevran (c. 1498 - 3 Februari 1581; juga dikenal sebagai Gülbahar) adalah istri dari Süleyman I. Eksekusi putra pertamanya, Sehzade Mustafa atas tuduhan ingin membunuh ayahnya, menjadikannya tokoh terkenal dalam sejarah Kesultanan Utsmaniyah. Mahidevran adalah putri dari İdar Mirza Temruko, Pangeran Kabardia, dan istrinya, Nazcan Hatun, putri dari Meñli I Giray. Mahidevran datang ke Istanbul saat suaminya, Süleyman I naik tahta pada tahun 1520.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal Mahidevran tidak banyak diketahui dengan pasti. Mahidevran berlatar belakang seorang muslim Montenegro. Dan ia juga masih berkerabat dengan ibu suri Hafsa Sultan. Suleiman masih menjadi pangeran ketika ia melahirkan putra pertamanya Sehzade Mustafa pada tahun 1515. Ketika Selim I meninggal pada tahun 1520, Suleiman pindah ke Istanbul dan naik takhta. Di harem Istanbul, ia bersaing dengan Roxelana yang segera menjadi selir kesukaan Suleiman dan istri resminya. Persaingan antara keduanya dihentikan oleh Ayşe Hafsa Sultan, ibu Suleiman,[1] namun setelah ia meninggal pada tahun 1534, Mahidevran memukuli Hürrem. Suleiman marah dan menyuruhnya tinggal bersama putranya di Edirne untuk beberapa waktu, sekembalinya dari Edirne, saat pangeran Mustafa dewasa, Ia segera mengambil alih Harrem, Disaat yang sama Gülfem Hatun menjadi kepala perbendaharaan Harrem, Mahidevran sempat menggantikan posisi Ibu suri Kepala Harrem untuk beberapa waktu namun segera digantikan Hurrem Sultan setelah penunjukan Sehzade Mustafa menjadi Gubernur di Manisa.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Ia meninggal wajar karena usia lanjut pada tahun 1581 dan dimakamkan di Muradiye Complex Provinsi Bursa, disamping makam Sehzade Mustafa.

Mahidevran Turbesi3 Makam Sehzade Mustafa dan Mahidevran Sultana

Mahidevran Turbesi5 Makam Mahidevran Sultana

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Selçuk Aksin Somel: Historical Dictionary of the Ottoman Empire, Oxford, 2003, ISBN 0-8108-4332-3, p. 123