Magnus dari Sachsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Magnus
Adipati Sachsen
Berkuasa1072–1106
PendahuluOrdulf
PenerusLothar II
Lahir1045
Wafat1106

Magnus (sekitar 1045 – 23 Agustus 1106) merupakan seorang Adipati Sachsen dari tahun 1072 s/d 1106. Ia adalah putra sulung dan pewaris Ordulf dan Ulvhild dari Norwegia, ia adalah anggota keluarga Wangsa Billung yang terakhir.

Pemberontakan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1070, sebelum ia menjadi adipati, ia bergabung dengan Otto, Adipati Bayern, di dalam sebuah pemberontakan melawan Kaisar Heinrich IV. Otto dituduh jamban di dalam suatu rencana membunuh raja, dan diputuskan bahwa ia harus tunduk pada pertempuran dengan penuduhnya. Adipati meminta untuk melakukannya di tempat pertemuan yang aman. Ketika permohonan ini ditolak ia tidak muncul, dan akibatnya ia kehilangan Bayern, sementara itu wilayah Sachsennya dijarah. Pemberontakan tersebut dipadamkan pada tahun 1071, dan Magnus tertangkap. Magnus dipenjarakan di dalam puri Harzburg, benteng kekaisaran yang megah di Sachsen. Ia tidak dibebaskan ketika naik tahta di wilayah adipati Sachsen sampai 70 orang Swabia yang ditangkap di Lüneburg dibebaskan.

Pertempuran Pertama Langensalza[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1073, Harzburg dihancurkan dan kemarahan Heinrich bertambah. Ia memperbaharui konflik dengan Sachsen sekali lagi. Pada Pertempuran Pertama Langensalza tahun 1075, Magnus ditangkap lagi. Setelah dibebaskan kembali, ia bergabung dengan Rudolf von Rheinfeld, Adipati Swabia dan Antiraja, dan hadir pada Pertempuran Mellrichstadt (7 Agustus 1078), dimana ia menyelamatkan jiwa Rudolf. Namun ia dan rakyat Sachsen tidak pernah benar-benar mendukung orang Swabia, Rudolf dan ia berdamai dengan Heinrich, bahkan memerangi Bangsa Slavia dengan pasukan kerajaan.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Magnus adalah musuh bebuyutan Uskup Agung Bremen, Adalbert, yang menyaksikan ia mengalami penjarahan yang berulang-ulang. Pada tahun 1106, pada tahun yang sama dengan Heinrich IV, ia meninggal. Wilayah adipatinya diberikan kepada Lothar dari Supplinburg dan wilayah-wilayahnya dibagikan di antara putri-putrinya oleh Sophia (menikah tahun 1071), putri Béla I dari Hongaria, dengan demikian pergi ke wangsa-wangsa Welfen dan Askanier, untuk Wulfhilde (1075 – 1126) menikah dengan Adipati Henry IX dari Bayern dan Eilika (1080 – 16 Januari 1142) menikah dengan Pangeran Otto dari Ballenstedt.

Didahului oleh:
Ordulf
Adipati Sachsen
1072–1106
Diteruskan oleh:
Lothar II

Silsilah[sunting | sunting sumber]