Madu gila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Madu Gila (Bahasa Inggris: mad honey) adalah madu yang berasal dari pegunungan Nepal dan Turki. Madu ini memiliki rasa yang sedikit lebih pahit dan berwarna merah dari pada madu biasanya[1]. Madu ini disebut dengan madu gila karena adanya senyawa neurotoksik yang disebut greyanotoxins, berasal dari genus tumbuhan berbunga yang disebut rhododendron[1]. Madu gila dapat mengakibatkan efek fisiologis dan euforia bagi orang yang mengkonsumsi madu ini. Beberapa meyakini karena khasiat terapeutiknya yang dapat mengobati atau bahkan menyembuhkan kondisi seperti hipertensi, diabetes dan disfungsi seksual. Pada dosis rendah, madu gila menyebabkan pusing, sakit kepala ringan, dan halusinasi. Dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan delusi, muntah, kehilangan kesadaran, kejang dan dalam kasus yang jarang, terjadi kematian. Keracunan dan daftar gejalanya secara kolektif dikenal sebagai penyakit madu gila[2]. Madu ini dihasilkan oleh lebah terbesar di dunia yaitu Apis dorsata laboriosa. Apis dorsata laboriosa membuat sarang di tebing tebing tinggi, sarangnya didesain berbentuk sisir besar yang terbuka , mirip dengan sarang Apis dorsata, sehingga memanen madu adalah sebuah tantangan. Terdapat sebuah tradisi di Nepal yang disebut tradisi gurung atau berburu madu, yang telah ada selama ribuan tahun. Para lelaki di suku tersebut membuat tangga tali yang sangat tebal terbuat dari jalinan bambu dan membuat asap dari bawah tebing untuk menangkal para lebah menjauh dari sarangnya.

Penjualan Madu Gila[sunting | sunting sumber]

Apis dorsata laboriosa di Nepal menghasilkan rata rata 55-132 pon (25-60 Kg) madu per koloni per tahun, menghasilkan jenis madu yang berbeda tergantung musim, madu yang dihasilkan apis laboriosa memiliki kadar air yang tinggi dan cepat terfermentasi, biasanya madu gila berkualitas diproduksi di musim semi saat tanaman dari keluarga Ericaceae sedang mekar[3]. Pada saat ini, pemburu madu menghasilkan lebih dari 50% produksi madu tahunan di wilayah tersebut[4], praktik perburuan yang merusak ini secara langsung berkontribusi terhadap penurunan pesat populasi Apis laboriosa dalam beberapa dekade terakhir [5].Kemungkinan penyebab lain dari penurunan yang mengkhawatirkan ini adalah hilangnya lahan akibat penggundulan hutan dan tanah longsor. Pada tahun 2022, 1 Kg madu gila berkualitas tinggi dapat dijual dengan harga $360 di toko toko Turki. Secara umum madu ini lebih mahal dari madu biasa. Tetapi, karena efek halusinogennya penjualan madu gila ini diawasi bahkan dianggap illegal di beberapa negara.[6] Seperti Korea Selatan, yang melarang zat tersebut pada tahun 2005[1]

Pengembangbiakan Madu gila[sunting | sunting sumber]

Praktik perburuan madu di Nepal perlu diubah untuk mendukung keberlanjutan lebah madu ini . Tanpa intervensi, tradisi Gurung yang diwariskan selama ribuan tahun mungkin akan musnah. Program Pusat Internasional untuk Pengembangan Pegunungan Terpadu mendorong peternak lebah untuk menghasilkan pendapatan melalui praktik  berkelanjutan sehingga mereka dapat melanjutkan tradisi mengumpulkan madu dan lilin lebah[7]

Karena Apis laboriosa mempunyai sebaran yang sangat terbatas, hanya ada sedikit bukti  bahwa Apislaboriosa dapat menjadi spesies invasif di Amerika Serikat. Namun  keberadaannya, bersama dengan keberadaan seluruh spesies lebah madu lainnya, dipantau oleh Layanan Inspeksi Sarang Lebah Departemen Pertanian dan  Konsumen Florida untuk memastikan deteksi dini jika suatu saat lebah ini datang ke Florida, AS.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Johnson, Stephen (April 2021). ""Mad honey": The rare hallucinogen from the mountains of Nepal". Big Think. Diakses tanggal 2023-09-06. 
  2. ^ Broscaru, L; Dobre, C; Rösick, F; Halilovic, A; Gulba, D. (2018). "Penyakit madu gila". Jurnal Laporan Kasus Eropa dalam Penyakit Dalam. (5(1):000742.). doi:10.12890/2017_000742. Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  3. ^ Gregory, Michelle (Agustus 2021). "Himalayan giant honey bee, cliff honey bee". Featured Creatures. Diakses tanggal 2023-09-06. 
  4. ^ F, Ahmad; SR, Joshi (2003). "Lebah madu asli Himalaya. Lebah tebing Himalaya Apis laboriosa Smith dan pemburu madu Kaski". Pusat Internasional untuk Pengembangan Gunung Terpadu. Kathmandu, Nepal. 1.  line feed character di |title= pada posisi 26 (bantuan)
  5. ^ Thapa, R; Aryal, S; Jung, C (2018). "Peternakan lebah dan perburuan madu di Nepal: Status saat ini dan perspektif masa depan". Peternakan Lebah Asia di Abad ke-21: 111–127. doi:10.1007/978-981-10-8222-1. Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  6. ^ Rongmei, Precious RongmeiPrecious. "Did you know about the hallucinogenic mad honey from Nepal?". The Times of India. ISSN 0971-8257. Diakses tanggal 2023-09-06. 
  7. ^ F, Ahmad; SR, Joshi (2007). "Peternakan Lebah dan Pembangunan Pedesaan" (PDF). Pusat Internasional untuk Pengembangan Gunung Terpadu. Kathmandu, Nepal.