Apis dorsata laboriosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apis dorsata laboriosa atau lebah madu raksasa Himalaya merupakan spesies lebah madu terbesar di dunia. Lebah ini memiliki distribusi yang sebagian besar terkonsentrasi di wilayah Hindu Kush Himalaya di Asia selatan. Wilayah ini memiliki batas paling barat di Nepal bagian barat dan batas tenggara yang membentang hingga perbatasan utara Laos dan Vietnam. Daerah ini dapat ditemukan hingga ke perbatasan utara India hingga Cina selatan[1]. Lebah pekerja apis dorsata dapat memiliki panjang 3 cm (1,2 inci). Scutellum (sisi punggung dada) berwarna coklat tua sampai hitam dengan bulu kuning panjang dengan semua bagian perut bewarna gelap[2].Spesies ini merupakan anggota dari subgenus Megapis, bersama dengan Apis dorsata. Apis laboriosa telah lama dianggap sebagai subspesies dari Apis dorsata (Koeniger et al. 2011) hingga tahun 1980 ketika Sakagami mendeskripsikan Apis laboriosa sebagai spesies yang terpisah (Engel 1999; Sakagami et al. 1980), yang kemudian didukung oleh pengurutan genetik (Cao et al. 2012). Apis laboriosa membangun sarang terbuka yang besar dengan satu sisir, biasanya di tebing berbatu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Otis, GW (1996). "Distributions of recently recognized species of honeybees (Hymenoptera: Apidae: Apis) in Asia". Journal of the Kansas Entomological Society (69): 311–333. 
  2. ^ Gregory, Michelle (August 2021). "Himalayan giant honey bee, cliff honey bee". Featured Creatures. Diakses tanggal 2023-09-01.