Madaari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Madaari
Nama lainमदारी
SutradaraNishikant Kamat
Produser
Irrfan Khan
Shailesh Singh
Madan Paliwal
Sutapa Sikdar
Shailja Kejriwal
PenulisRitesh Shah
(Dialouges)
Penulis skenarioRitesh Shah
Penulis ceritaShailja Kejriwal
Pemeran
Penata musikVishal Bhardwaj
Sunny–Inder Bawra
Background Score:
Sameer Phaterpekar
SinematograferAvinash Arun
PenyuntingArif Shaikh
Perusahaan
produksi
Paramhans Creations & Saptarishi Cinevision
DistributorPooja Entertainment & Films
Tanggal rilis
  • 22 Juli 2016 (2016-7-22) (India)
NegaraIndia
BahasaHindi

Madaari (Bahasa Indonesia: Dalang) adalah sebuah film sosial-thriller India yang disutradarai oleh Nishikant Kamat dan diproduksi oleh Shailesh Singh, Madan Paliwal, Sutapa Sikdar, dan Shailja Kejriwal. Film yang dirilis pada 22 Juli 2016 ini dibintangi Irrfan Khan, Vishesh Bansal, Jimmy Shergill, Tushar Dalvi dan Nitesh Pandey.[1][2][3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Rohan, seorang anak berumur 10 tahun diculik dari asrama sekolahnya. Rohan adalah putra satu-satunya Menteri dalam negeri India. Tentara dan CBI ikut andil dalam aksi pencarian besar-besaran. Salah satu detektif CBI, Nachiket Verma (Jimmy Shergill) yang merupakan kepala investigator dalam kasus ini memerintahkan agar seluruh pihak otoritas tidak gegabah dalam melakukan tindakan pencarian penculik, agar penculik tidak panik dan dapat mengancam keselamatan Rohan. Awalnya kasus ini diduga adalah kesalahan identitas, dimana penculik awalnya mungkin mencoba untuk menculik teman dari Rohan, Cheeku yang juga dibius saat penculikan.

Untuk waktu yang lama tidak ada tanda-tanda kemunculan penculik dan semua orang dibiarkan menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi dan pada saat yang sama penyelidikan dibuat sangat rahasia agar tidak diketahui publik untuk menjaga agar penculik tidak panik. Di tempat yang lain, instansi terkait mencoba untuk menemukan lokasi penculik dengan sangat hati-hati. Rohan sebenarnya benar-benar diculik oleh Nirmal (Irrfan Khan). Rohan menunjukkan kemarahannya terhadap Nirmal karena telah menculik dirinya. Nirmal menunjukkan kepada Rohan sebuah rekaman video dari temannya Cheeku yang telah dibius dan menampilkan wajah ketakutan. Nirmal mengatakan bahwa Cheeku akan dibunuh jika Rohan menolak untuk bekerja sama dengannya. Nirmal terus bepergian dengan transportasi umum untuk mengelabui lokasinya.

Suatu hari, penculik menelepon ayah dari Cheeku (temannya Rohan) untuk menyampaikan pesan kepada Menteri dalam negeri India bahwa penculik telah menculik anaknya untuk suatu permintaan. Permintaannya adalah bahwa dia ingin putranya yang hilang dalam tragedi akibat kelalaian oleh pemerintah, dapat ditemukan. Hal ini kemudian mengungkapkan bahwa Nirmal sebelumnya memiliki putra satu-satunya yang ia sayangi, Apu (panggilan untuk Apurva), setelah istrinya meninggalkan mereka. Apu meninggal ketika sebuah jembatan runtuh dan menimpa dirinya saat perjalanan ke sekolah. Akibat hal tersebut, Nirmal merasa depresi atas kehilangan anaknya, dan ia memutuskan untuk membalas dendam kepada para politisi dan pihak yang bertanggung jawab atas runtuhnya jembatan tersebut.

Berita penculikan ini akhirnya terkuak ke publik dan menjadi berita paling menghebohkan di media. Menjelang akhir film, Nirmal kembali ke rumahnya di Mumbai bersama Rohan, dan memanggil penyiar berita TV serta semua orang yang terlibat dalam pembangunan jembatan, termasuk Menteri dalam negeri, datang ke rumahnya dan mengancam untuk membunuh Rohan jika mereka tidak datang. Kontraktor jembatan, Menteri urusan dalam negeri dan partai yang berkuasa (Pratap Nimbalkar), mengakui ada praktik korupsi dalam pembangunan jembatan, pengakuan tersebut disiarkan secara langsung di TV. Setelah itu, Rohan baru mengerti mengapa Nirmal menculik dirinya. Rohan dan Nirmal berpelukan sebelum Rohan kembali dengan ayahnya dan Nirmal menyerahkan diri kepada polisi. Di akhir film, Nirmal terlihat melabuhkan barang-barang anaknya yang dikenakan saat anaknya meninggal.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Irrfan Khan sebagai Nirmal Kumar
  • Vishesh Bansal sebagai Rohan Goswami
  • Jimmy Shergill sebagai Nachiket Verma
  • Tushar Dalvi sebagai Prashant Goswami
  • Uday Tikekar sebagai Pratap Nimbalkar
  • Nitesh Pandey sebagai Sanjay Jagtap
  • Sadhil Kapoor sebagai Cheeku

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Poster pertama film ini ini diperkenalkan melalui Twitter oleh Irrfan Khan dan kemudian teaser dari film ini diluncurkan di YouTube pada 10 Mei 2016.[4][5][6] Trailer tersebut dirilis oleh T-Series pada 11 Mei 2016 di YouTube.[7]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Film ini mengambil latar tempat di New Delhi, Rajasthan, Dehradun, Shimla dan Mumbai.[8]

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pertama "Dama Dama Dam" dari Madaari dirilis pada 10 Juni 2016.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Here's how Irrfan looks in a first from 'Madaari'". Hindustan Times. 10 May 2016. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  2. ^ "Revealed: Here's What Irrfan Khan's Madaari Is Based On!". Yahoo Movies. 10 May 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-14. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  3. ^ "Irrfan Khan's Madaari to release in June". The Hindu. 12 April 2016. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  4. ^ "Irrfan Khan's Madaari is based on a real life event". The Indian Express. 10 May 2016. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  5. ^ Sreeju Sudhakaran (10 May 2016). "Madaari teaser: Ssshhh! The nation is sleeping and Irrfan Khan doesn't want to wake us up!". BollywoodLife.com. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  6. ^ "Madaari: Irrfan Khan unveils first poster". The Statesman. 10 May 2016. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  7. ^ Rajani Chandel (11 May 2016). "'Madaari' trailer: Irrfan Khan stuns you with his performance". Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-29. Diakses tanggal 11 May 2016. 
  8. ^ "Irrfan unveils first poster of 'Madaari'". Deccan Herald. 10 May 2016. Diakses tanggal 10 May 2016. 
  9. ^ "Irrfan Khan to lip-sync in 'Madaari'". The Indian Express. 10 June 2016. Diakses tanggal 2016-07-10. 

Tautan luar[sunting | sunting sumber]