Mad Max

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mad Max
MadMazAus.jpg
Sutradara George Miller
Produser Byron Kennedy
Bill Miller
Penulis George Miller
Byron Kennedy
James McCausland
Pemeran Mel Gibson
Steve Bisley
Joanne Samuel
Hugh Keays-Byrne
Tim Burns
Geoff Parry
Musik Brian May
Sinematografi Daid Eggby
Penyunting Cliff Hayes
Tony Paterson
Distributor Village Roadshow Pictures
(Australia)
American International Pictures
(Amerika Serikat)
Tanggal rilis
12 April 1979
Durasi
88 menit
Bahasa Inggris
Anggaran A$400.000 (perkiraan)[1]
Pendapatan kotor AS$100.000.000

Mad Max adalah film aksi Australia tahun 1979 yang disutradarai George Miller dan ditulis oleh Miller dan Byron Kennedy. Film ini dibintangi Mel Gibson. Film ini mengisahkan tentang kerusakan moral masyarakat, cinta dan dendam. Ini juga menjadi film Australia terlaris dan membuka pasar global bagi gelombang baru film Australia.

Sekuel dari film ini adalah Mad Max 2 (The Road Warrior di Amerika Serikat) pada tahun 1981 dan Mad Max Beyond Thunderdome. Film ke-4 berformat serial berjudul Mad Max 4: Fury Road dalam masa pra-produksi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dari pengejaran seorang anggota geng motor bernama Crawford "Nightrider" Montizano (Vincent Gil) yang kabur dari markas Main Force Patrol (MFP) dengan seorang wanita disisinya. Dia mencuri mobil Pursuit Special milik MFP. Beberapa petugas dari MFP tidak dapat menghentikannya sampai Max Rockatansky (Mel Gibson) mengejarnya dan memepetkan bemper mobilnya ke mobil Nightrider dan Nightrider tidak dapat menguasai mobilnya hingga mobilnya terguling-guling lalu meledak.

Pemimpin geng motor, Toecutter (Hugh Keays-Byrne) dan tangan kanannya Bubba Zanetti (Geoff Parry) serta anggota lainnya sedang meneror kota, mereka merusak properti kota dan mencuri bahan bakar. Max dan temannya Jim 'The' Goose (Steve Bisley) menangkap anak didik Toecutter, Johnny the Boy ketika dia tertinggal dari gengnya setelah mereka mencelakai pasangan muda. Tetapi Johnny dibebaskan karena tidak ada saksi mata. Goose marah dan menyerang Johnny, mereka berdua bersumpah akan menjatuhkan satu sama lain. Pemimpin MFP, Fifi Macafee (Roger Ward) membebaskan petugasnya untuk mengejar anggota geng yang mereka inginkan.

Keesokan harinya, Goose mengejar Johnny dengan sepeda motor, tetapi sepeda motor itu telah disabotase Johnny, sehingga dalam kecepatan tinggi Goose terlempar dan motornya rusak berat walaupun dia tidak terluka. Dia meminjam sebuah mobil untuk kembali ke kota dan memperbaiki motornya. Dalam perjalanan pulang, Johnny dan Toecutter menunggu di tebing. Ketika Goose lewat Johnny melempar drum sehingga Goose keluar jalur dan mobilnya terbalik. Johnny dan Toecutter menghampirinya. Toecutter menyuruh Johnny melemparkan korek api ke mobil Goose yang bensinnya bocor. Johnny menolak dan Toecutter mulai menganiayanya. Pada kesempatan berikutnya Johnny melempar korek yang menyala dan menghanguskan mobil yang masih ada Goose di dalamnya.

Goose mengalami luka bakar yang hebat. Max marah dan kecewa setelah melihat teman baiknya hangus di bangsal rumah sakit. Dia memilih keluar dari keanggotaan MFP karena khawatir dia akan menjadi brutal seperti anggota geng jika tetap bekerja di kepolisian. Fifi akhirnya dapat menunda keluarnya Max dengan memberinya waktu berlibur untuk berpikir kembali.

Ketika berlibur di pantai, istri Max, Jessie (Joanne Samuel) dan anak mereka tidak sengaja mendatangi geng Toecutter. Mereka berusaha menganiaya Jessie dan anaknya, namun mereka berhasil kabur. Tetapi geng Toecutter dapat melacak ke mana mereka kabur. Ketika mencoba kabur kembali mobil mereka mati. Jessie menggendong anaknya dengan berlari, namun Toecutter melindas mereka. Max datang terlambat untuk menyelamatkan mereka.

Dikuasai rasa amarah dan dendam, Max mengenakan jaket kulit polisinya dan mengambil Black Pursuit yang dikhususkan untuk mengejar geng motor. Setelah mendapatkan informasi dari mekanik yang dia ancam, Max memburu dan membunuh anggota geng. Max memaksa beberapa anggota geng menjatuhkan diri dari jembatan karena mereka sudah terjebak. Dia juga membunuh Bubba Zanetti dengan shot gun, tetapi sebelum itu lututnya tertembak dan lengannya terluka setelah terinjak motor Bubba. Dia mengejar Toecutter hingga Toecutter tetabrak truk trailer. Ketika dia menemukan Jhonny yang sedang mengambil sepatu orang yang tewas karena kecelakaan, Max memborgolnya dan dikaitkan ke mobil yang rusak. Dia melemparkan gergaji kepada Johnny. Dia menyalakan korek api dan memberikan dua pilihan untuk Johnny. Memotong borgolnya (yang memakan waktu 10 menit) atau kakinya (memakan waktu 5 menit). Ketika Max pergi, mobil itu meledak. Tanpa ekspresi, Max melaju tanpa memutar balik.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan

George Miller adalah seorang dokter medis di Sydney, bekerja di ruang gawat darurat di rumah sakit dimana dia melihat banyak korban luka dan kematian jenis-jenis yang digambarkan dalam film tersebut. Dia juga menyaksikan banyak kecelakaan mobil yang banyak terjadi di daerah pedesaan Queensland dan kehilangan setidaknya tiga orang temannya sebagai kecelakaan saat remaja.

Sementara di tempat tinggal di sebuah rumah sakit di Sydney, Miller bertemu dengan pembuat film amatir Byron Kennedy di sebuah sekolah film musim panas pada tahun 1971. Duo ini menghasilkan sebuah film pendek berjudul Violence in the Cinema, Part 1, yang diputar di sejumlah festival film dan memenangkan beberapa penghargaan. Delapan tahun kemudian, duo ini menghasilkan Mad Max, bekerja dengan penulis skenario James McCausland (yang muncul dalam film tersebut sebagai pria berjenggot di celemek di depan restoran).

Menurut Miller, ketertarikannya saat menulis Mad Max adalah "film bisu dengan suara", dengan menggunakan gambar kinetik yang sangat mirip dengan Buster Keaton dan Harold Lloyd sementara narasi itu sendiri sederhana dan sederhana. Miller percaya bahwa khalayak akan menemukan kisah kekerasannya lebih bisa dipercaya jika berada dalam masa dystopian yang suram. Penulis skenario McCausland menarik banyak perhatian dari pengamatannya tentang dampak krisis minyak 1973 terhadap pengendara Australia:

Namun ada tanda-tanda lebih lanjut dari tindakan putus asa yang dilakukan individu untuk memastikan mobilitas. Beberapa serangan minyak yang melanda banyak pompa menunjukkan keganasan dimana orang Australia dapat mempertahankan hak mereka untuk mengisi tangki. Antrean panjang terbentuk di stasiun bensin-dan siapa pun yang mencoba menyelinap maju dalam antrian menemui kekerasan baku. ... George dan saya menulis naskah [Mad Max] berdasarkan tesis bahwa orang akan melakukan hampir semua hal untuk menjaga pergerakan kendaraan dan asumsi bahwa negara-negara tidak akan mempertimbangkan biaya besar untuk menyediakan infrastruktur untuk energi alternatif sampai terlambat.

- James McCausland, ditulis pada saat minyak puncak di The Courier-Mail, 2006

Kennedy dan Miller pertama kali membawa film itu ke Roadshow Graham Burke , yang antusias. Para produsen merasa mereka tidak dapat mengumpulkan uang dari badan pemerintah "karena produsen Australia membuat film seni, dan korporasi dan komisi sepertinya mendukung mereka dengan sepenuh hati", menurut Kennedy.

Mereka merancang presentasi 40 halaman, menyebarkannya secara luas, dan akhirnya mengumpulkan uang. Kennedy dan Miller juga menyumbangkan dana mereka sendiri dengan melakukan tiga bulan panggilan medis darurat, dengan Kennedy mengemudikan mobil sementara Miller melakukan doktor. Miller mengklaim anggaran akhir adalah antara $ 350.000 dan $ 400.000. Saudaranya Bill Miller adalah produser asosiasi di film ini

Pemilihan Para Pemain

George Miller telah mempertimbangkan seorang aktor Amerika untuk "mendapatkan film ini dilihat seluas mungkin" dan bahkan pergi ke Los Angeles, namun akhirnya memilih untuk tidak melakukannya karena "keseluruhan anggaran akan diambil oleh nama Amerika yang disebut." Jadi, gantinya, pemeran akan dengan sengaja menampilkan aktor yang kurang dikenal sehingga mereka tidak membawa asosiasi masa lalu dengan mereka. Pilihan pertama Miller untuk peran Max adalah James Healey kelahiran Irlandia, yang pada saat itu bekerja di sebuah rumah pemotongan hewan di Melbourne dan sedang mencari pekerjaan baru. Setelah membaca naskah Healey menolak, menemukan dialog singkat dan singkat itu tidak menarik.

Direktur Casting Mitch Mathews mengundang Mad Max sebuah kelas dari Institut Nasional Upacara Seni Drama yang baru-baru ini, yang secara khusus meminta seorang guru NIDA untuk "orang-orang muda yang gagah perkasa". Di antara aktor-aktor ini adalah Mel Gibson, yang audisinya mengesankan Miller dan Matthews dan memberinya peran sebagai Max. Kisah apokrif mengatakan bahwa Gibson mengikuti audisi dalam kondisi buruk setelah bertarung, namun ini ditolak oleh Matthews dan Miller. Teman Gibson dan teman sekelas Steve Bisley, yang bekerja dengan dia dalam peran layar utamanya, Kota Musim Panas 1976, menjadi partner Max, Jim Goose. Seorang teman sekelas keduanya, Judy Davis, dikatakan telah mengikuti audisi dan lulus, namun Miller telah menyatakan bahwa dia hanya berada di studio Matthews untuk menemani Gibson dan Bisley.

Sebagian besar anggota geng motor biker adalah anggota geng motor Australia yang sebenarnya dan mengendarai sepeda motor mereka sendiri di film ini. Mereka bahkan terpaksa mengendarai sepeda motor dari tempat tinggal mereka di Sydney ke lokasi syuting di Melbourne karena anggarannya tidak memungkinkan transportasi udara. Tiga pemeran utama (Hugh Keays-Byrne, Roger Ward dan Vincent Gil) sebelumnya pernah tampil di Stone, sebuah film 1974 tentang geng motor yang konon telah menginspirasi Mille.

Kendaraan

Interceptor kuning Max adalah sedan Ford Falcon XB 1974 (sebelumnya mobil polisi Victoria) dengan 351 c.i.d. Mesin Cleveland V8. Bopper Besar, yang dikendarai oleh Roop dan Charlie, juga merupakan sedan Ford Falcon XB 1974 dan bekas mobil polisi Victoria, namun didukung oleh 302 c.i.d. V8. March Hare, yang digerakkan oleh Sarse and Scuttle, adalah sedan Ford Falcon XA 1972 bertenaga enam inang (mobil ini dulunya adalah taksi Melbourne).

Mobil yang paling berkesan, Special Pursuit Pur Black Pursuit adalah Ford XB Falcon GT351 1973, hardtop edisi terbatas (dijual di Australia dari bulan Desember 1973 sampai Agustus 1976), yang terutama dimodifikasi oleh Murray Smith, Peter Arcadipane, dan Ray Beckerley. Modifikasi utama adalah ujung depan Concorde dan supercharger yang menonjol melalui bonnet (hanya untuk tampilan saja; tidak fungsional). Bagian depan Concorde adalah aksesori yang cukup baru pada saat itu, dirancang oleh Peter Arcadipane di Ford Australia sebagai barang pameran, dan kemudian tersedia bagi masyarakat umum karena popularitasnya. Setelah syuting film pertama selesai, mobil tersebut dijual, namun tidak ada pembeli yang ditemukan; akhirnya itu diberikan kepada Smith.

Saat produksi Mad Max 2 dimulai, Miller membawa mobil kembali untuk digunakan dalam sekuelnya. Begitu syuting di atas mobil ditinggalkan di halaman yang rusak di Adelaide karena sekali lagi tidak menemukan pembeli, dan dibeli dan dipulihkan oleh Bob Forsenko. Akhirnya dijual kembali dan dipajang di Cars of the Stars Motor Museum di Cumbria, Inggris. Ketika museum ditutup, mobil tersebut pergi ke sebuah koleksi di Museum Dezer di Miami, Florida.

Kendaraan Nightrider, Pursuit Special lainnya, adalah sebuah coupler Holden HQ Monaro LS 1972, yang juga disetel namun sengaja rusak agar terlihat seperti kecelakaan. Mobil yang dikendarai oleh pasangan muda yang dirusak dan kemudian akhirnya dihancurkan oleh para bikers adalah Chevrolet Bel Air Sedan 1959, juga dimodifikasi agar terlihat seperti mobil hot-rod dengan tumpukan injeksi bahan bakar palsu, ban berlemak, dan cat merah api.

Dari sepeda motor yang tampil di film tersebut, 14 adalah Kawasaki Kz1000 yang disumbangkan oleh dealer Kawasaki setempat. Semua dimodifikasi dalam penampilan oleh bisnis Melbourne La Parisienne - satu sebagai sepeda MFP yang dikendarai oleh 'The Goose' dan keseimbangan untuk anggota geng Toecutter, bermain dalam film tersebut oleh anggota klub sepeda motor Victorian setempat, Vigilantes.

Menjelang akhir syuting, empat belas kendaraan hancur dalam adegan pengejaran dan kecelakaan, termasuk sutradara Mazda Bongo (van kecil berwarna biru yang berputar tak terkendali setelah dikejutkan oleh Big Bopper dalam pembukaan film tersebut).

Pengambilan Gambar

Awalnya, pembuatan film dijadwalkan memakan waktu sepuluh minggu-enam minggu dari unit pertama, dan empat minggu pada rangkaian aksi dan pengejaran. Namun, empat hari syuting, Rosie Bailey, yang semula berperan sebagai istri Max, terluka dalam kecelakaan sepeda. Produksi dihentikan, dan Bailey digantikan oleh Joanne Samuel, menyebabkan penundaan dua minggu.

Pada akhirnya, pemotretan tersebut memakan waktu enam minggu pada bulan November dan Desember 1977, dengan unit kedua enam minggu berikutnya. Unit tersebut berkumpul kembali dua bulan kemudian, pada bulan Mei 1978, dan menghabiskan dua minggu lagi untuk melakukan tembakan unit kedua dan melakukan beberapa stunts lagi. Miller menggambarkan keseluruhan pengalamannya sebagai "pembuatan film gerilya", di mana kru akan menutup jalan tanpa izin pembuatan film, tidak menggunakan walkie-talkie karena frekuensi mereka bertepatan dengan radio polisi, dan setelah pembuatan film dilakukan, Miller dan Kennedy bahkan akan berhasil menyusuri jalan. Meski demikian, seiring berjalannya film, Polisi Victoria tertarik pada produksi, membantu kru dengan menutup jalan dan mengawal kendaraan. Karena anggaran filmnya rendah, semua kecuali satu dari seragam polisi dalam film itu terbuat dari kulit vinil, dengan hanya satu seragam kulit asli yang dibuat untuk rangkaian aksi yang melibatkan Bisley dan Gibson.

Syuting terjadi di dalam dan sekitar Melbourne. Banyak adegan pengejaran mobil untuk Mad Max difilmkan di dekat kota Little River, timur laut Geelong. Pemandangan kota awal dengan Toe Cutter Gang difilmkan di jalan utama Clunes, sebelah utara Ballarat. Sebagian besar roadscape tetap tidak berubah. Beberapa adegan difilmkan di Tin City di Stockton Beach. Adegan "eksekusi manekin" difilmkan di Seaford Beach di Seaford, Victoria.

Mad Max adalah salah satu film Australia pertama yang syuting dengan lensa anamorphic widescreen, meskipun Peter Weir's The Cars That Ate Paris (1974) disyuting secara anamorphic empat tahun sebelumnya. Keinginan Miller untuk syuting secara anamorphic membuatnya mencari satu set lensa sudut lebar Todd-AO yang digunakan oleh Sam Peckinpah untuk memfilmkan The Getaway (1972), yang cukup rusak dalam pengambilan gambar itu untuk dibuang di Australia. Satu-satunya yang bekerja dengan benar adalah lensa 35mm yang dipekerjakan di keseluruhan Mad Max.

Pasca Produksi

Produksi pasca film ini dilakukan di apartemen seorang teman di Melbourne Utara, dengan Wilson dan Kennedy mengedit film di ruang kecil di mesin pengedit rumah yang dibuat oleh ayah Kennedy, seorang insinyur, dirancang untuk mereka. Wilson dan Kennedy juga melakukan editing suara di sana.

Tony Patterson mengedit film tersebut selama empat bulan, kemudian harus pergi karena dia dikontrak untuk membuat Dimboola (1979). George Miller mengambil alih pengeditan dengan Cliff Hayes, dan mereka mengerjakannya selama tiga bulan. Kennedy dan Miller melakukan potongan terakhir, dalam sebuah proses yang digambarkan oleh Miller sebagai "dia akan memotong suara di ruang duduk dan saya akan memotong gambar di dapur." Pembuat suara profesional Roger Savage akan melakukan pencampuran suara di studio dia bekerja setelah menyelesaikan pekerjaannya dengan Little River Band, dan menggunakan teknik pemindaian timbal balik yang tidak terlihat di bioskop Australia.

Musik

Skor musikal untuk Mad Max disusun dan dilakukan oleh komposer Australia Brian May (jangan dikelirukan dengan gitaris band rock Inggris Queen). Miller menginginkan sebuah tipe Gothic, tipe Bernard Herrmann dan dipekerjakan pada bulan Mei setelah mendengar karyanya untuk Patrick (1978). "Dengan anggaran kecil yang kami miliki kami teruskan dan melakukannya, dan menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya," kata May. "George luar biasa bekerja sama, dia memiliki banyak gagasan tentang apa yang dia inginkan meskipun dia bukan seorang musisi."Sebuah album soundtrack dirilis pada tahun 1980 oleh Varèse Sarabande.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mad Max : SE". DVD Times. 2002-01-19. Diakses tanggal 2009-03-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]