M. T. Vasudevan Nair

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
M. T. Vasudevan Nair
MT VASUDEVAN NAIR.jpg
Lahir09 Agustus 1933 (umur 85)[1]
Kudallur, Ponnani Taluk, Distrik Malabar, Kepresidenan Madras, India Britania
PekerjaanNovelis, penulis cerita pendek, penulis permainan latar, sutradara film
BahasaMalayalam
KebangsaanIndia
Alma materVictoria College, Palakkad
Aliran sastraNovel, cerita pendek, sastra anak, sastra perjalanan, esay
TemaAspek sosial, yang berorientasi pada budaya dan keluarga Kerala
AngkatanRealisme
Karya terkenal
PenghargaanPadma Bhushan, Jnanpith, Penghargaan Sahitya Akademi, Penghargaan Kerala Sahitya Akademi

Tanda tanganBerkas:M. T. Vasudevan Nair signature.jpg
Situs web
www.mtvasudevannair.com

Madathil Thekkepaattu Vasudevan Nair (lahir di Kudallur, Ponnani Taluk, Distrik Malabar, Kepresidenan Madras, India Britania, 9 Agustus 1933; umur 85 tahun), yang lebih dikenal sebagai MT, adalah seorang pengarang, penulis permainan latar dan sutradara film India.[2] Ia adalah seorang penulis sastra Malayalam modern, dan salah satu master sastra India setelah kemerdekaan.[3][4] Ia lahir di Kudallur, sebuah desa kecil yang sekarang masuk wilayah distrik Palakkad (Palghat), yang berada di bawah Distrik Malabar, Kepresidenan Madras, Kemaharajaan Britania. Ia meraih ketenaran pada usia 20 tahun saat, sebagai lulusan jurusan kimia, ia memenangkan penghargaan untuk cerita pendek terbaik dalam bahasa Malayalam di Kompetisi Cerita Pendek Sedunia yang diadakan oleh The New York Herald Tribune. Novel debut-nya Naalukettu (Rumah Leluhur- diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul The Legacy), yang ditulis pada usia 23 tahun, memenangkan Penghargaan Kerala Sahitya Akademi pada 1958. Novel-novel lainnya meliputi Manju (Kabut), Kaalam (Waktu), Asuravithu (Anak yang Hilang - diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul The Demon Seed) dan Randamoozham (Turunan Kedua). Pengalaman emosional mendalam dari hari-hari awalnya dituangkan dalam pembuatan novel. Kebanyakan karyanya berorientasi pada budaya dan struktur keluarga Malayalam dan beberapa diantaranya melampaui batas dalam sejarah sastra Malayalam. Tiga novel seminal buatannya tentang kehidupan dalam keluarga matriarkhal di Kerala adalah Naalukettu, Asuravithu, dan Kaalam. Randamoozham, yang mengisahkan kisah Mahabharatha dari sudut pandang Bhimasena, dianggap sebagai adikaryanya.

M. T. Vasudevan Nair adalah seorang penulis naskah dan sutradara film-film Malayalam. Ia telah menyutradarai tujuh film dan menulis permainan latar untuk sekitar 54 film. Ia memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Permainan Latar Terbaik sebanyak empat kali untuk: Oru Vadakkan Veeragatha (1989), Kadavu (1991), Sadayam (1992), dan Parinayam (1994), yang sebagian besar dalam kategori permainan latar. Ia dianugerahi penghargaan sastra tertinggi di India, Jnanpith, pada 1995 atas jasa-hasanya dalam sastra Malayalam. Pada 2005, penghargaan sipil tertinggi ketiga India Padma Bhushan dianugerahkan kepadanya.[5] Ia telah memenangkan sejumlah penghargaan lainnya yang meliputi Penghargaan Sahitya Akademi, Penghargaan Kerala Sahitya Akademi, Penghargaan Vayalar, Penghargaan Vallathol, Penghargaan Ezhuthachan dan Penghargaan Kesusastraan Mathrubhumi. Ia dianugerahi Penghargaan J.C. Daniel untuk prestasi seumur hidupnya dalam perfilman Malayalam pada tahun 2013. Ia menjabat sebagai penyunting Mathrubhumi Illustrated Weekly selama beberapa tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Mathrubhumi1
  2. ^ "M. T. Vasudevan Nair – internationales literaturfestival berlin" (dalam bahasa Jerman). Literaturfestival.com. Diakses tanggal 2012-07-12. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Master
  4. ^
  5. ^ "Padma Bhushan Awardees – Padma Awards – My India, My Pride – Know India: National Portal of India". India.gov.in. Diakses tanggal 2012-07-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]