Løgting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parlemen Kepulauan Faroe

Føroya Løgting/Løgtingið (Faroe)
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Pimpinan
Ketua
Páll á Reynatúgvu, Tjóðveldi
sejak September 2015
Komposisi
Anggota33
Partai & kursi
Pemerintahan (16)
  Javnaðarflokkurin : 7 kursi
  Tjóðveldi : 7 kursi
  Framsókn : 2 kursi

Didukung oleh (1)

  Independen: 1 kursi

Oposisi (16)

  Miðflokkurin : 2 kursi
  Sjálvstýrisflokkurin : 2 kursi
  Sambandsflokkurin : 6 kursi
  Fólkaflokkurin : 6 kursi
Pemilihan
Pemilihan terakhir
1 September 2015
Pemilihan berikutnya
Menjelang 1 September 2019
Tempat bersidang
Tórshavn
Situs web
www.logting.fo
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Løgting (pelafalan [ˈlœktɪŋɡ] (bahasa Faroe: Føroya Løgting atau Løgtingið saja, bahasa Denmark: Færøernes Lagting/Lagtinget, keduanya berarti Løgting Faroe) adalah dewan perwakilan Kepulauan Faroe yang merupakan wilayah yang memerintah sendiri di Denmark.

Istilah Løgting secara harfiah berarti "majelis hukum" dan berasal dari bahasa Nordik Kuno, lǫgþing, yang mengaju kepada majelis pada masa itu. Majelis ting atau þing sudah ada di Kepulauan Faroe selama sati milenium dan Løgting merupakan otoritas tertinggi di kepulauan tersebut pada masa Viking. Badan ini berfungsi sebagai badan yudisial dari tahun 1274 hingga 1816, sementara løgting modern yang didirikan pada tahun 1852 merupakan majelis parlementer yang mendapat wewenang legislatif setelah Kepulauan Faroe diberi hak memerintah sendiri pada tahun 1948. Tynwald di Pulau Man dan Alþing di Islandia adalah dua parlemen modern lain yang memiliki ikatan sejarah dengan majelis Nordik kuno di Eropa.

Saat ini, Kepulauan Faroe dianggap sebagai satu daerah pilih, dan jumlah anggota parlemen ditetapkan pada angka 33. Pemilu pertama dengan sistem ini diadakan pada tanggal 19 Januari 2008 setelah hukum pemilu diganti pada akhir tahun 2007. Sebelumnya, jumlah anggota Løgting bervariasi antara 27 hingga 32.

Anggota Løgting dipilih selama empat tahun. Pemilu løgting dapat diadakan sebelum berakhirnya masa jabatan apabila Løgting membubarkan diri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]