Luthfi Fatah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Luthfi Fatah
Berkas:Prof Luthfi Fatah.jpg
Lahir5 Desember 1962 (umur 56)
Bendera Indonesia Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
AlmamaterUniversitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
Institut Pertanian Bogor
University of Adelaide Australia
PekerjaanPengajar

Prof. Ir. H. Luthfi Fatah, Ms., PhD. (lahir di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, 5 Desember 1962; umur 56 tahun) adalah seorang pakar di bidang ekonomi sumber daya alam dan pengajar Indonesia. Ia merupakan guru besar dan dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia menyelesaikan S1 Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 1986, kemudian memperoleh gelar M.S. dari Institut Pertanian Bogor Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan pada tahun 1993 dan memperoleh gelar Ph.D. dari University of Adelaide Australia, School of Economics pada tahun 2004. Pada tahun 2009 bertepatan dengan hari lahirnya ia memperoleh pengukuhan sebagai Guru Besar Ekonomi Sumberdaya Alam pada Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Di awal kariernya ia melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dan upaya pemerataan kesejahteraan masyarakat. Setelah menyelesaikan S2, ia banyak bergerak di bidang pengembangan wilayah, perencaan pembangunan serta formulasi dan penerapan model ekonomi makro untuk analisis kebijakan (terutama Tabel Input Output dan Social Accounting Matrix). Dalam perkembangan selanjutnya setelah menyelesaikan S3-nya Luthfi banyak menggeluti penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfokus pada ekonomi sumberdaya seperti penelitian mengenai kaitan sumberdaya alam, persoalan lingkungan, dan kebijakan pembangunan.

Ia pernah memenangkan beberapa bantuan dana penelitian kompetitif baik dari sumber dalam negeri seperti Hibah Bersaing Dikti, RUKK Ristek, dan berbagai sumber lainnya Dinas, Instansi dan Pemda baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Juga dari sumber-sumber luar negeri seperti CEPA (Center for Policy Analysis), EEPSEA (Economy and Environment Program For South East Asia), EADN (East Asian Development Network), GDN (Global Development Network) dan sumber luar negeri lainnya.

Pada tahun 2006-2009 ia bekerja sebagai Senior Adviser untuk ACIAR (Australian Centre for International Agricultural Research) Australia pada posisi Research Management Adviser. Pada tahun 2010 ia menjadi Ketua Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Program Pascasarjana Unlam, dan mulai November 2011 hingga saat ini Luthfi menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mengkurat.

Luthfi telah menulis beberapa buku teks untuk Pembangunan Pertanian, Evaluasi, Ekonomi Sumberdaya Alam, Ketahanan Pangan dan lain-lain. Tahun 2010 Luthfi memenangkan hibah Insentif Penulisan Buku Ajar dari Dikti

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pertemuan Reference Group untuk Pengembangan Agribisnis Indonesia - Situs resmi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Diakses 16 Februari 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]