Lukun, Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lukun
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenKepulauan Meranti
KecamatanTebing Tinggi Timur
Kodepos28753
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Lukun merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, provinsi Riau, Indonesia. Perekonomian penduduk Desa Lukun terdapat pada sektor Perkebunan dan perikanan. Pada perkebunan meliputi menyadap karet, mengolah hasil tanaman sagu dan tanaman kelapa. Sementara dari sektor perikanan masyarakat menggunakan sampan untuk nelayan di sungai suir, hasil dari sektor ini seperti ikan Semilang, Duri, Lomik, Udang, Sedak, Lokan dan buah tanah.

Masyarakat Desa Lukun terdiri dari beberapa suku yaitu Melayu, Jawa, Minang dan Anak Dalam. Mayoritas agama yang dianut adalah Islam, hanya suku anak dalam saja yang menganut aliran kepercayaan atau Animisme.

Simpang empat Desa Lukun

Secara administratif Desa Lukun terdiri dari beberapa Dusun, yakni Dusun Mawar yang berada di bagian barat dan berbatasan langsung dengan Desa Batin Suir, Dusun Melati berada di sebelah timur yang berbatasan dengan ibu kota kecamatan Tebingtinggi Timur atau Desa Sungai Tohor, sementara Dusun Mawar terletak di sebelah selatan. Desa Lukun mempunyai jalan utama, disana terletak beberapa bangunan dan kantor penting Desa, seperti Kantor Kepala Desa, Badan Usaha Milik Desa, LKMD, SD Negeri 029 Lukun, TK Cerdas Ceria, Masjid Al Aula, Tempat Pemakaman Umum Al-Aula, Lapangan Sepak bola dan Pelabuhan Desa.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Desa Lukun seperti:

  1. Wisata Mangrove, di sepanjang sungai Suir yang melingkari Desa Lukun dan Batin Suir terdapat Mangrove yang masih alami dan tetap dijaga dengan baik oleh masyarakat.
  2. Wisata Memancing, di Desa Lukun terdapat beberapa spot memancing yang bisa dijamah. Tidak jauh dari pusat desa terdapat kanal-kanal besar yang membentang, disepanjang kanal ini hidup banyak jenis ikan darat seperti Lele, Bado, Sepat dan Gabus. Di laut atau sungai ikan juga terdapat melimpah di sepanjang sungai Suir, adapun spot mancing laut yang terkenal di sini adalah Tebing Pasmak, Sake Due, Sungai Pantuk dan Sungai Batang Buah.
  3. Wisata Lokan, bagi penikmat makanan laut pasti mengetahui mekanan laut seperti Buah Tanah, Lokan, Musel, Siput, Bongan dan Makohe/Ghame-ghame. Hewan pantai ini terdapat banyak di sepanjang pantai sungai Suir.