Ludmila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Santa Ludmila
Santa Ludmila
Santa dan Martir
Lahir skt. 860, Mělník
Wafat 15 September 921, Kastil Tetín, Bohemia
Dikanonisasikan tidak lama setelah kematiannya
Tempat ziarah utama Basilika Santo George, Praha
Hari peringatan 16 September
Atribut kerudung
Pelindung Bohemia

Santa Ludmila (skt. 860 – 15 September 921) merupakan Santa Ceko dan Martir yang dihormati oleh Gereja Ortodoks dan Gereja Katolik Roma. Ia lahir di Mělník sebagai putri pangeran Sorbia, Slavibor.[1] Santa Ludmila adalah nenek Václav I, yang sering disebut sebagai Raja Baik Wenceslaus.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Ludmila menikah dengan Borivoj I, Adipati Kristen pertama dari Bohemia, pada tahun 873. Pasangan ini berganti agama menjadi Kristen melalui upaya Santo Metodius.[2] Upaya mereka untuk mengubah Bohemia menjadi Kristen pada awalnya tidak diterima dengan baik, dan mereka diusir dari negara mereka untuk sementara waktu oleh orang-orang kafir. AKhirnya pasangan itu kembali, dan memerintah beberapa tahun sebelum pensiun ke Tetín, di dekat Beroun.

Pasangan tersebut digantikan oleh putra mereka, Spytihnev. Spytihnev digantikan oleh saudaranya, Vratislav. Ketika Vratislav meninggal pada tahun 921, putranya Václav menjadi penguasa berikutnya di Bohemia.[2] Terutama Ludmila yang membesarkan cucunya dan ia sekarang bertindak sebagai pemangku takhta untuknya.

Ludmila dan Drahomíra[sunting | sunting sumber]

Pembunuhan Santa Ludmila

Ibunda Václav, Drahomíra cemburu pada pengaruh Ludmila atas Václav. Ia memerintahkan dua orang bangsawan untuk membunuh Ludmila di Tetín, dan sebagian cerita Ludmila mengatakan bahwa ia dicekik dengan kerudungnya. Awalnya, Santa Ludmila dimkamkan di St. Michael, Tetín.[3]

Santa Ludmila dikanonisasi tak lama setelah kematiannya. Sebagai bagian dari proses kanonisasi, pada tahun 925, Václav memindahkan jenazahnya ke Basilika Santo George, Praha.[2] Ia dihormati sebagai Santo pelindung Bohemia, bangsa Ceko, Adipati, problem dengan ipar, dan Duda dan janda. Hari peringatannya jatuh pada tanggal 16 September.

Antonín Dvořák menyusun oratorionya Svatá Ludmila (Saint Ludmila) di antara bulan September 1885 dan Mei 1886. Karya tersebut ditugaskan oleh penerbit Littleton untuk Festival Leeds.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Pekar, J., Die Wenzels- und Ludmilla-Legenden und die Echtheit Christians (Prag, 1906).
  • Christianus Monachus, "Vita et Passio sancti Venceslai et sanctae Ludmilae avae eius," in Magnae Moraviae Fontes Historici (Brno, 1967), 186-199.
  • Ingham, N. W., "The Lost Church Slavonic Life of Saint Ludmila," in Studia Slavica Mediaevalia et Himanistica. Riccardo Piccio dicata. T. 1-2 (Roma, 1986), 349-360.
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
-
Permaisuri Bohemia
skt. 874–888/891
Diteruskan oleh:
Drahomíra