Lucius Manlius Vulso Longus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lucius Manlius Vulso Longus adalah seorang jenderal dan negarawan Romawi, yang menjabat sebagai konsul Republik Romawi pada tahun 256 dan 250 SM. Ia dikenang karena keberhasilan militernya; Prestasi militernya, khususnya Pertempuran Cape Ecnomus, memberikan kontribusi signifikan terhadap kemenangan Romawi dalam Perang Punisia Pertama.

Karier[sunting | sunting sumber]

Selama masa dewasa Lucius, dia mencalonkan diri sebagai konsulat beberapa kali, berhasil dua kali. Pada kedua kesempatan tersebut, dia akhirnya memimpin ekspedisi militer. Masa jabatan konsul adalah satu tahun. Dua konsul memerintah pada satu waktu dan satu konsul dapat menjabat hingga dua periode. Tugas konsul adalah memerintah provinsi, memimpin tentara dalam perang besar, dan menjalankan Senat serta majelis.

Ia mencalonkan diri pada tahun 259 SM, namun kalah dari Lucius Cornelius Scipio . Setelah itu, ia berhasil mencalonkan diri pada tahun 256 dan 250 SM. Pada tahun 256, ia memerintah bersama Marcus Atilius Regulus dan pada tahun 250 dengan Gaius Atilius Regulus . Pada tahun 256, Lucius dan Marcus Atilius Regulus berlayar ke Afrika selama Perang Punisia Pertama untuk melawan Kartago —lihat Pertempuran Cape Ecnomus. Roma telah menyiapkan armada besar yang terdiri dari 330 kapal dan 140.000 orang (100.000 awak dan 40.000 tentara), Kartago memiliki armada yang sedikit lebih besar yaitu 350 kapal dan 150.000 orang.[1] Bangsa Romawi berlayar dalam formasi pertempuran dengan tiga skuadron . Dua skuadron, dipimpin oleh konsul Marcus Atilius Regulus dan Lucius Manlius Vulso Longus, memimpin perjalanan. Skuadron lainnya berada di belakang melindungi kapal pengangkut kuda yang ada di antara mereka. Mereka berlayar dalam bentuk segitiga karena landasannya yang kuat sehingga mudah ditopang saat berperang dan juga sulit dipecah.

Pasukan Kartago diposisikan dalam garis horizontal panjang dengan Hamilcar di tengah dan dua sisi agak maju. Kedua sayap Kartago maju, meninggalkan jalur utama sendirian. Jalur ini langsung menjadi sasaran karena kerentanannya. Dua skuadron pertama merupakan kapal utama untuk melawan pusat armada Kartago. Karena para prajurit bertempur di bawah kedua konsul, yang mengambil bagian dalam pertempuran secara langsung, mereka merasa lebih terdorong untuk bertarung dengan seluruh kekuatan mereka dan mengalahkan pasukan Kartago setelah pertarungan yang ekstensif. Setelah itu, skuadron berangkat untuk membantu bagian belakang armada. Skuadron Vulso mengejar sayap kiri Kartago yang menyerang kapal pengangkut, sementara Regulus menyerang Hanno. Menyelamatkan kapal-kapal pengangkut ini sangat penting bagi kemenangan Romawi di Aspis di kemudian hari karena kapal-kapal ini berisi kuda untuk kavaleri dan makanan tambahan serta perbekalan yang diperlukan untuk berperang di darat. Setelah pertempuran tersebut, sekitar setengah armada Kartago telah ditangkap atau ditenggelamkan. Kedua konsul tersebut kemudian mendarat di Afrika untuk segera berkumpul kembali dan kemudian berlayar ke Cape Bon, di mana mereka mendarat di dekat Aspis. Di sini, mereka mengepung kota dan mendirikan garnisun. Kemudian konsul mengirimkan pasukan untuk menjarah daerah yang jumlahnya sangat banyak. Mereka menggembalakan ternak, membakar rumah orang kaya, menangkap budak, dan menghancurkan pertahanan kota. Sementara itu, Senat menginstruksikan satu konsul untuk kembali ke Roma dengan angkatan laut dan yang lainnya untuk tinggal bersama tentara di Afrika. Manlius akhirnya kembali dengan sebagian besar armada dan tahanan.

Selama masa jabatan keduanya pada tahun 250 SM, dengan Gaius Atilius Regulus, Lucius menghadapi masa-masa sulit. Pada tahun-tahun sebelumnya, Roma mempunyai banyak usaha militer yang gagal. Setelah kehilangan 150 kapal saat terjadi badai di laut terbuka, mereka hampir seluruhnya menarik diri dari peperangan laut. Sekarang, karena terbatas pada pertempuran dengan berjalan kaki, pasukan Romawi menerima berita tentang kehilangan lebih dari separuh pasukan mereka di Afrika setelah diserbu gajah. Hal ini menciptakan ketakutan yang besar terhadap gajah dan orang-orang Romawi tidak mau mendekati mereka dalam jarak 3/4 mil. Setelah peristiwa-peristiwa ini, tentara secara umum kehilangan semangat, yang pada masa jabatan kedua Lucius akan membantu meningkatkannya. Bersama Gaius Atilius, dia membangun 50 kapal, dan melakukan kampanye besar-besaran untuk mengumpulkan pelaut dan mengatur armada. Sementara itu, Hasdrubal, orang Kartago, membawa pasukannya dari Lilybaeum dan mendirikan kamp di dekat Panormus pada bulan Juni 250 SM, di mana pasukan Caecilius menyuruh gajah Kartago untuk menyerbu pasukan mereka sendiri, sehingga meningkatkan moral dan kepercayaan diri tentara. Dengan ini, para konsul terdorong untuk mengakhiri perang. Mereka berlayar ke Sisilia dengan sekitar 120 kapal di armadanya. Mereka berhenti dan berlabuh di Lilybaeum, dan mengepung kota. Bangsa Romawi mengira jika mereka menguasai pelabuhan ini maka akan mudah untuk memanipulasi perang. Bangsa Kartago juga memahami pentingnya pelabuhan ini dan mengerahkan seluruh kekuatan mereka untuk menyelamatkan kota. Bangsa Kartago memiliki kekuatan sekitar 10.000 tentara bayaran (Celt dan Yunani) untuk melindungi rakyat dari Romawi.

Bangsa Romawi kalah karena serangan tak terduga dari Kartago. Pasukan Kartago mengirimkan 50 kapal dari Afrika di bawah komando Hannibal untuk mencoba menyelamatkan kota dengan menyerbu menuju pusat pelabuhan. Bangsa Romawi tidak berusaha menghentikan masuknya armada tersebut karena kemunculan mereka yang tiba-tiba dan angin yang tidak mendukung di pelabuhan asing. Segera setelah itu, pertempuran antar pasukan pecah dan akhirnya pasukan Kartago mundur dan Romawi mempertahankan blokade mereka. Belakangan, orang-orang Kartago mengalahkan orang-orang Romawi untuk selamanya ketika mereka membakar lokasi-lokasi yang telah diambil alih oleh orang-orang Romawi. Bahkan setelah kekalahan besar yang diderita Romawi di Lilybaeum, di Roma, Lucius Manlius dengan cepat mampu merekrut sekitar 10.000 pelaut dan mengirim mereka ke Sisilia, di mana mereka berencana menyerang Drepana, yang merupakan kota pelabuhan sekitar 24 mil sebelah utara Lilybaeum. . Upaya Romawi pada masa konsul kedua Lucius Manlius Vulso akhirnya gagal, namun hal tersebut menunjukkan kemampuan kepemimpinannya melalui kemampuannya untuk terus merekrut pelaut, bahkan setelah mengalami kekalahan yang serius. Dengan kemampuannya tersebut, ia mampu membantu Roma tetap berada di jalur memenangkan Perang Punisia Pertama.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Lucius Manlius Vulso Longus meninggal pada tahun 216 SM. Tidak ada yang diketahui tentang bagaimana dia meninggal. Karena ia meninggal pada tahun 216 SM, berarti ia hidup sekitar 83 tahun, karena seseorang harus berusia sekitar 40 tahun untuk mencalonkan diri sebagai konsul dan pertama kali ia mencalonkan diri adalah pada tahun 259 SM. Kemungkinan besar ia meninggal karena sebab alamiah, karena usianya sekitar 83 tahun, yang merupakan usia yang sangat tua bagi seseorang yang tinggal di Roma Kuno. Jika asumsi ini benar, maka kelahirannya terjadi sekitar tahun 300 SM.

Analisis kontribusi[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, Lucius Manlius secara umum diterima sebagai konsul lain yang membantu kemenangan militer. Dalam Pertempuran Cape Ecnomus, keterampilan komandonya sangat penting dalam menyelamatkan kapal pengangkut, yang memungkinkan Romawi melakukan serangan lanjutan di Aspis. Pada masa jabatan keduanya, ia membawa tentara ke dalam kondisi pikiran yang lebih baik dan positif melalui pembangunan armada baru dan merekrut banyak pelaut, bahkan setelah kekalahan di Lilybaeum.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Broughton, Robert S. "Candidates Defeated in Roman Elections." Transactions of the American Philosophical Society 81 (1991).
  • Dupuy, Trevor N. Harper Encyclopedia of Military Biography. Chicago: Book Sales, Incorporated, 1995.
  • Frank, Tenney. "Notes on Plautus." The American Journal of Philology 58 (1937).
  • Goldsworthy, Adrian. The Punic Wars. London: Cassell, 2000.
  • Salowey, Christina A. Great Lives from History the Ancient World. Pasadena, CA: Salem, 2004.
  • Walbank, F. W. The Rise of the Roman Empire. Trans. Ian Scott-Kilvert. New York: Penguin Classics, 1979.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Polybius, The Histories, 1.25.7, 1.25.9, 1.26.7, 1.26.8.
Didahului oleh:
Gaius Atilius Regulus
Gnaeus Cornelius Blasio
Roman consul
256 BC
with Quintus Caedicius
Marcus Atilius Regulus (suffect)
Diteruskan oleh:
Servius Fulvius Paetinus Nobilior
Marcus Aemilius Paullus
Didahului oleh:
Lucius Caecilius Metellus
Gaius Furius Pacilus
Roman consul II
250 BC
with Gaius Atilius Regulus
Diteruskan oleh:
Publius Claudius Pulcher
Lucius Junius Pullus