Lucius Aradius Valerius Proculus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lucius Aradius Valerius Proculus signo Populonius (floruit 333-352) merupakan seorang senator dan politisi Kekaisaran Romawi, dua kali praefectus urbi Roma (pada tahun 337-338 dan 351-352) dan sekaligus konsul (pada tahun 340).

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia adalah seorang vir clarissimus, pangkat senator terendah. Kantornya adalah: augur, pontifex major, quindecimvir sacris faciundi, pontifex flavialis, praetor tutelaris, legatus pro praetore di Numidia, peraequator census di Gallaecia, praeses Byzacena, consularis Eropa dan Trakia, consularis Sisilia, comes ordo kedua, comes ordo pertama, kemudian gubernur Afrika (seb. 333).

Lucius Aurelius Avianius Symmachus menulis epigram untuk menghormatinya. Sebuah patung didedikasikan untuk Proculus oleh para pedagang daging babi dan pembuat kulit; prasasti ini disimpan di Museo Nazionale Romano Palazzo Altemps di Roma.

Ia diangkat praefectus urbi Roma pada tahun 337-338, di bawah Kaisar Konstans. Pada tahun 340 dia adalah Konsul, dengan Septimius Acindynus sebagai rekan. Sebelas tahun kemudian, pada tahun 351, di bawah perebutan kekuasaan Magnentius, ia diangkat praefectus urbi Roma untuk kedua kalinya, dan mempertahankan kantor ini sampai tahun berikutnya, ketika Magnentius kehilangan kendali atas Italia.

Dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Proculus adalah kakek Flavia Vindex, pahlawan dari novel Britanniae oleh M. O'Sullivan, disusun di Inggris dan diterbitkan pada tahun 2011.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Imp. Caesar Fl. Iulius Constantius Augustus II,
and Imp. Caesar Fl. Iulius Constans Augustus
Konsul Kekaisaran Romawi
340
bersama dengan Septimius Acindynus
Diteruskan oleh:
Antonius Marcellinus,
dan Petronius Probinus
Didahului oleh:
Caeionius Rufius Albinus
Praefectus urbi Roma
Maret 337 – Januari 338
Diteruskan oleh:
Maecilius Hilarianus
Didahului oleh:
Klodius Kelsinus Adelfius
Praefectus urbi Roma
Desember 351 – September 352
Diteruskan oleh:
Septimius Mnasea