Petronius Probinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Petronius Probinus (floruit 341-346) merupakan seorang bangsawan dan negarawan Kekaisaran Romawi, konsul Romawi dan praefectus urbi Roma.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Probinus termasuk gens Petronia, keluarga ningrat berpengaruh yang memberikan beberapa perwira tinggi untuk administrasi kekaisaran antara abad ke-4 dan ke-5.

Ia adalah putra Petronius Probianus, Konsul Kekaisaran Romawi pada tahun 322 dan praefectus urbi Roma dari tahun 329 hingga 331.

Saudarinya Faltonia Betitia Proba seorang penyair Romawi Kristen paling penting dan berpengaruh dalam bahasa Latin dari Abad Kuno Akhir, yang menikah dengan Klodius Kelsinus Adelfius praefectus urbi Roma pada tahun 351.[1]

Petronius Probinus sendiri adalah Konsul Kekaisaran Romawi pada tahun 341 dan praefectus urbi Roma dari tanggal 5 Juli 345 hingga 26 Desember 346.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Istrinya menurut sebuah studi sejarah oleh Drinkwater dan Elton.,[2] "Claudia"/"Clodia", saudari Klodius Kelsinus Adelfius, yang pada gilirannya menikah dengan saudari Petronius Probinus. [3]

Putra mereka adalah Sextus Claudius Petronius Probus Konsul 371 dan empat kali prefek Praetoria.

Di antara cucu-cucunya ada konsul-konsul 395, Anicius Probinus dan Anicius Hermogenianus Olybrius dan konsul 406 Anicius Probus. Aristokrat Anicia Faltonia Proba - adalah cucu keponakannya - dan menantunya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anthony Wagner, "Pedigree and Progress - Essays in the genealogical interpretation of history, Phillimore, London, (1975) Pedigree 22, page 180
  2. ^ John Drinkwater and Hugh Elton, Fifth-century Gaul: A Crisis of Identity? (1992), page 112.
  3. ^ Anthony Wagner, op. cit. Pedigree 22, page 180

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Jones, Arnold Hugh Martin, John Robert Martindale, John Morris, "Petronius Probinus 2", Prosopography of the Later Roman Empire, Volume 1, Cambridge University Press, 1992, ISBN 0-521-07233-6, p. 735.
Jabatan politik
Didahului oleh:
Septimius Acindynus,
Lucius Aradius Valerius Proculus
Konsul Kekaisaran Romawi
341
bersama dengan Antonius Marcellinus
Diteruskan oleh:
Flavius Julius Konstantius III,
Flavius Julius Constans Augustus II