Luak, Lima Puluh Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Luak
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Barat
KabupatenLima Puluh Kota
Pemerintahan
 • CamatElsiwa Fajri, S.STP
Luas61,68 Km2
Kepadatan383 jiwa /Km2

Luak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia. Kecamatan Luak atau dulu orang lebih mengenalnya dengan Kecamatan Luhak adalah sebuah kecamatan yang berudara sejuk karena berada persis di lereng gunung Sago dengan masyarakatnya yang ramah dan dinamis, "ikannyo jinak aienyo janiah, elok ruponyo santun bahasonyo" menurut bahasa setempat.

Atraksi wisata[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan Luak ini terdapat sebuah Jorong yg terkenal dengan lomba pacu itiknya, keramahan warga keelokan kampungnya dan keasrian alamnya. Jorong tersebut adalah jorong "Padangpanjang" yang berada di kanagarian Tanjungharo Sikabukabu Padangpanjang (TSP), tetapi biasa disebut Kanagarian Tigo Gayo. Selain itu, di jorong ini juga terkenal dengan istilah kopi cantiknya, yaitu kopi dengan gelas kecil yang disajikan di warung-warung kopi yang berada dekat dengan sawah penduduk atau kolam ikan warga, disamping itu di Jorong ini juga terkenal dengan masakan "Gulai itiak lado mudonyo" dan "karabu baluik", kalau "dunsanak" punya waktu luang sempatkan jualah berkunjung ke Jorong Padangpanjang untuk menghilangkan penat atau sekadar mencari udara sejuk di lereng pergunungan nan hijau.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Akses kesana sangat mudah dan jalannya juga sangat mulus, dari pusat kota Payakumbuh pengunjung berkendaraan ke arah Batang Tabit, kemudian anda di Simpang Pakan Salasa belok kanan dan masuk ke Kelurahan Sicincin, lebih kurang 500 meter dari simpang Pakan Salasa dekat sebuah SD, belok kiri sembari mengikuti jalan yang menanjak dan tiba di Jorong Padangpanjang nan indah itu.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kurnia Delfi Hz P

Pranala luar[sunting | sunting sumber]