Louis II dari Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Louis yang Gagap)
Louis II dari Prancis
Raja Francia Barat
Berkuasa877–879
Prancis8 Desember 877 di Compiègne
PendahuluKarl II
PenerusLouis III dan Karlmann II
Pemakaman
WangsaKaroling
AyahKarl yang Botak
IbuErmentrude dari Orléans
PasanganAnsgarde dari Burgundia
Adelaide dari Paris
AnakLouis III dari Prancis
Karlmann II
Hildegarde dari Prancis
Gisela dari Prancis
Ermentrude dari Prancis
Charles yang Sederhana

Louis yang Gagap (Prancis: Louis le Bègue; 1 November 846 – 10 April 879) merupakan seorang Raja Aquitaine yang kemudian menjadi Raja Francia Barat. Ia adalah putra sulung Karl yang Botak dan Ermentrude dari Orléans. Ia menggantikan adiknya di Aquitaine pada tahun 866 dan ayahandanya di Francia Barat pada tahun 877, meskipun ia tidak pernah dimahkotai sebagai Kaisar. Di dalam sistem penguasa Prancis, ia dianggap sebagai Louis II.

Ia menikah dua kali, istri pertamanya adalah Ansgarde dari Bourgogne. Mereka memiliki dua putra: Louis III (lahir pada tahun 863) dan Karlmann II (lahir pada tahun 866), keduanya menjadi raja Francia Barat, dan dua putri: Hildegarde (lahir pada tahun 864) dan Gisela (865–884), yang menikah dengan Robert, Comte Troyes.

Dengan istri keduanya, Adelaide dari Paris, ia memiliki seorang putri, Ermentrude (875–914) — yang merupakan ibunda Kunigunda, istri pangeran palatine, Wigerich dari Bidgau; mereka adalah leluhur dari Wangsa Luksemburg —, dan putranya yang anumerta, Charles yang Sederhana, yang akan menjadi Raja Prancis, lama setelah kematian saudara-saudaranya.

Ia dimahkotai pada tanggal 8 Desember 877 oleh Hinkmar, Uskup Agung Reims, dan dimahkotai kedua kalinya pada bulan September 878 oleh Paus Yohanes VIII di Troyes ketika paus menghadiri sebuah sidang disana. Paus diduga menawarkan mahkota kerajaan, tetapi ditolak. Louis yang Gagap konon seorang pria yang lemah fisiknya dan hidup lebih lama dari ayahandanya hanya dua tahun saja. Ia memiliki andil yang relatif kecil di dalam politik. Ia digambarkan sebagai "orang yang sederhana dan manis, pencinta kedamaian, keadilan, dan agama". Pada tahun 878, ia memberikan provinsi-provinsi Barcelona, Girona, dan Besalú kepada Guifré. Tindakan terakhirnya adalah melawan bangsa Viking yang kemudian menjadi momok di Eropa. Ia jatuh sakit dan meninggal dunia pada tanggal 10 April atau 9 April 879 tidak lama setelah memulai kampanye terakhirnya. Setelah kematiannya, kerajaannya dibagi di antara kedua putranya, Karlmann II dan Louis III.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Louis II dari Prancis
Lahir: 1 November 846 Meninggal: 10 April 879
Didahului oleh:
Karl si Bocah
Raja Aquitaine sebagai Louis II
866–877
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Ramnulf II dari Poitiers
Didahului oleh:
Karl II
Raja Francia Barat
877–879
Diteruskan oleh:
Louis V dan Karlmann II