Louis Soutter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Louis Soutter (1930-an)

Louis Adolphe Soutter (4 Juni 1871 – 20 Februari 1942) adalah seorang pelukis dan seniman grafis Swiss dalam gaya Art Brut, yang menghasilkan sebagian besar karyanya saat dirawat di rumah perawatan. Dia juga bekerja sebagai musisi, bermain biola.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Soutter lahir di Morges. Ayahnya adalah seorang apoteker dan ibunya adalah seorang guru menyanyi di sebuah akademi wanita. Kakaknya, Albert, dan saudara perempuannya, Jeanne-Louise menjadi musisi. Arsiteknya, Le Corbusier, adalah sepupu dari pihak ibunya.

Dia awalnya belajar teknik di University of Lausanne, kemudian pergi untuk belajar arsitektur di Jenewa dengan Louis Viollier (1852–1931). Namun, suasana musik di rumahnya akhirnya memiliki pengaruh dan, pada tahun 1892, ia memutuskan untuk berkarir di bidang musik. Oleh karena itu, ia pindah ke Brussel di mana ia menjadi murid pemain biola, Eugène Ysaÿe, di Royal Conservatory. Saat berada di sana, ia menjadi terpikat pada salah satu siswa Ysaÿe lainnya; seorang pemuda Amerika bernama Madge Fursman (1870-1965). Tak lama kemudian, mereka bertunangan.

Soutter and his violin (1883)

Pada tahun 1895, ia tiba-tiba menghentikan studi musiknya, kembali ke Lausanne, dan mulai belajar melukis. Kemudian, ia bekerja di Jenewa di studio pelukis lanskap Léon Gaud (1844–1908). Setelah itu, ia pergi ke Paris dan mengambil posisi di studio Jean-Paul Laurens dan Jean-Joseph Benjamin-Constant di Académie Colarossi. Dia juga bertemu Artus van Briggle, seorang ahli keramik dari Amerika, yang berencana untuk memulai bisnis di Colorado Springs, tempat Fursman berasal. Van Briggle memberi tahu Soutter tentang perguruan tinggi baru di sana, dengan program seni rupa, dan menyarankan mungkin ada peluang untuk membuat departemen melukis dan menggambar.

Di Colorado Springs[sunting | sunting sumber]

Dia berangkat ke Amerika Serikat pada awal tahun 1897. Awalnya dia berencana untuk membuka studio arsitektur interior di New York, tetapi masalah kesehatan terbukti menjadi kendala. Dia menghabiskan tiga bulan berikutnya di Chicago, dengan senang hati merencanakan langkah selanjutnya. Dia pergi ke Colorado Springs, di mana dia menikah dengan Madge pada bulan Juli 1897. Untuk sementara waktu, mereka tinggal bersama orang tuanya, kemudian menemukan sebuah apartemen di sebuah hotel tempat tinggal.[1]

Dia membuka studio dan, pada tahun 1898, menjadi kepala Departemen Seni Rupa di Colorado College.[2] Dia sering membawa murid-muridnya ke pedesaan untuk melukis. Beberapa tahun berikutnya berlalu dengan lancar; kemudian, pada tahun 1903, Madge menggugat cerai; menuntut kekejaman fisik dan mental, yang mungkin hanya dibuat-buat, karena undang-undang perceraian yang ketat pada saat itu. Dia tidak meminta dukungan dalam bentuk apa pun. Dia tidak menentang tindakannya, mengundurkan diri dari College dan, menurut The Gazette-Telegraph, telah pergi ke Paris tanpa niat untuk kembali. Dia digantikan di Kolese oleh Van Briggle, yang saat itu telah mendirikan pabrik tembikarnya.[3] Madge remarried in 1907.

Dia menghabiskan beberapa bulan di Paris, kemudian pergi ke Morges, di mana kesehatan fisik dan mentalnya menurun. Dia sering mengeluh tentang Madge kepada teman dan kerabatnya, mengklaim bahwa dia otoriter dan eksploitatif.[4] Pada tahun 1906, seorang teman dari salah satu pamannya, yang adalah kepala Klinik Sonnenfels di Spiez, mengundangnya ke sana untuk bekerja sebagai tukang kebun.

Forest
The Lilies and the Foolish Virgins
Masks

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Thévoz 1974, hlm. 20), citations.
  2. ^ (Thévoz 1974, hlm. 21), citations.
  3. ^ (Thévoz 1974, hlm. 24), citations.
  4. ^ (Thévoz 1974, hlm. 26), citations.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Michel Thévoz, Louis Soutter ou l'écriture du désir. Lausanne; Zürich: "L’Age d’Homme"; Institut suisse pour l'étude de l’art, 1974.
  • Mauroux J.-B., Louis Soutter: Peintre visionnaire et proscrit. Geneva: Éditions Adversaires; Grounauer, 1975.
  • Arnulf Rainer, Louis Soutter, les doigts peignent (exhibition catalog) Erika Billeter, ed. Lausanne: Musée cantonal des beaux-arts, 1986.
  • Hervé Gauville (ed.) Louis Soutter: Si le soleil me revenait, eds. Paris: A.Biro; Centre culturel suisse, 1997 ISBN 978-2-876602-13-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]