Louis Plack Hammett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Louis Plack Hammett
Lahir 7 April 1894
Wilmington, Delaware
Meninggal 9 Februari 1987 (umur 92)
Medford, New Jersey
Bidang Kimia fisik
Alma mater Columbia University (Ph.D)
Dikenal karena Persamaan Hammett
Penghargaan Medali Priestley (1961)
Penghargaan Willard Gibbs (1961)
National Medal of Science (1967)
Barnard Medal for Meritorious Service to Science (1975)

Louis Plack Hammett (7 April 1894 – 9 Februari 1987) adalah seorang ahli kimia fisik Amerika. Dia dikenal dengan persamaan Hammett, yang menghubungkan laju reaksi dengan tetapan kesetimbangan untuk beberapa kelas reaksi organik yang melibatkan senyawa aromatik tersubstitusi. Dia juga dikenal karena penelitian superasamnya dan pengembangan skema untuk membandingkan keasaman berdasarkan apa yang sekarang dikenal sebagai fungsi keasaman Hammett. Prinsip Curtin–Hammett menyandang namanya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Louis Plack Hammett lahir di Wilmington, Delaware pada tanggal 7 April 1894[1] dan besar di Portland, Maine. Ia memiliki satu saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Saudara laku-lakinya adalah seorang akuntan dan selama bertahun-tahun bekerja di sebuah perusahaan Amerika di Eropa dan berakhir di sebuah kamp penjara Jerman selama Perang Dunia II. Sementara saudara perempuannya menikah dengan seorang pria yang adalah pensiunan dari Perusahaan Graybar, dan tinggal di Friendship, Maine.[2]

Hammett menempuh studinya di Harvard dan Swiss. Ia menerima gelar BS dari Harvard University tahun 1916 dan gelar Ph.D. di Columbia University tahun 1923. Terdapat interval antara studinya untuk gelar ini di mana dia bekerja di Zurich di bawah Staudinger dan terlibat dalam kegiatan ilmiah masa perang dan secara singkat dalam penelitian industri. Hammet merupakan profesor di Columbia University sejak tahun 1920 hingga 1961 dan kemudian menjadi Profesor Emeritus dari tahun 1961 hingga 1987. Hammett mengajar mata kuliah pascasarjana dan sarjana dalam Analisis Kuantitatif, Kimia Fisik, dan Kimia Organik Fisik. Minat penelitian utama Hammett terletak pada penerapan metode kuantitatif kimia fisik terhadap masalah kimia organik teoretis.[3]. Dia menulis sebuah buku teks berpengaruh tentang kimia organik fisik,[4] dan dikreditkan dengan memperkenalkan istilah tersebut.

Hammet meninggal pada tanggal 23 Februari 1987 di Medford, New Jersey pada usia 93 tahun.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang dia dapatkan termasuk Medali Priestley pada tahun 1961, Penghargaan Willard Gibbs pada tahun 1961,[5] National Medal of Science tahun 1967, dan Barnard Medal for Meritorious Service to Science tahun 1975.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shorter, J. (1995). "The Centenary of The Birth of Louis Hammett" (PDF). Pure & Appl. Chem. (IUPAC) 67 (5): 835–840. 
  2. ^ "Interview of Louis Hammett by Leon Gortler". Niels Bohr Library & Archives, American Institute of Physics. College Park, MD USA. 1 Mei 1978. 
  3. ^ Hammett, Louis P. (if known). Louis Planck Hammett Papers. Rare Book and Manuscript Library (Columbia University). 
  4. ^ Hammett, Louis P. (1940) Physical Organic Chemistry New York: McGraw Hill.
  5. ^ American Chemical Society - Chicago Section

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]