Lobus oksipitalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lobus oksipital
Permukaan medial dari belahan otak kiri (kuneus dan girus lingual ada di kiri)
Rincian
Bagian dariOtak besar
ArteriArteri otak besar posterior
Pengidentifikasi
Bahasa Latinlobus occipitalis
MeSHD009778
NeuroNames140
NeuroLex IDbirnlex_1136
TA98A14.1.09.132
TA25480
FMA67325
Daftar istilah neuroanatomi

Lobus oksipitalis (dari kata bahasa Latin ob "di belakang" dan caput "kepala") adalah salah satu dari empat lobus utama otak besar pada otak mamalia. Namanya diambil karena lokasinya yang berada di bagian belakang kepala.

Lobus oksipitalis merupakan pusat pengolahan visual pada otak mamalia, mencakup kebanyakan wilayah anatomis korteks visual.[1] Korteks visual utama adalah Area Brodmann 17, yang umum dikenal dengan nama V1 (visual satu). V1 manusia terletak pada sisi medial lobus oksipitalis, didalam sulkus kalkarin; cakupan penuh V1 umumnya berlanjut hingga kutub oksipital. V1 juga terkadang dikenal sebagai korteks lurik karena dapat dicirikan dengan garis-garis mielin yang besar, yaitu Garis Gennari. Wilayah-wilayah yang didukung secara visual diluar V1 dikenal dengan korteks ekstrastriat. Dari wilayah tersebut, memiliki banyak cabangnya, yang masing-masing terspesialisasi untuk tugas-tugas visual yang berbeda, seperti pengolaha visuospasial, pembedaan warna, dan presepsi gerak. Jejas bilateral pada daerah ini dapat menyebabkan kebutaan kortikal (lihat Sindrom Anton).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SparkNotes: Brain Anatomy: Parietal and Occipital Lobes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-31. Diakses tanggal 2008-02-27.