Lip sync

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Sikronisasi bibir atau lip-synch (singkatan dari lip synchronisation) adalah sikap seseorang seolah benar-benar bernyanyi dengan menggerakkan bibirnya dibarengi dengan lagu yang diputar melalui kaset atau media yang lain. Ketepatan, kelancaran, dan penghayatan akan menentukan seberapa berhasilnya Lip Sync. Lip Sync dilakukan karena beberapa alasan, misalnya karena keadaan penyanyi yang bersangkutan tidak dalam kondisi baik, tidak memadainya sound system, kesulitan bernyanyi sambil menari, atau hanya untuk meringankan pekerjaan bernyanyi di panggung.

Lip Sync masih sangat banyak dilakukan oleh penyanyi-penyanyi tingkat Internasional. Dari mulai penyanyi besar atau pun pendatang baru. Penyanyi yang sering melakukan Lip Sync umumnya adalah penyanyi yang pada penampilanya dibarengi dengan menari. Tapi di Cina Lip Sync sudah tidak diperbolehkan karena dianggap sebagai penipuan.

Lip Sync sering dianggap sebagai ketidak profesionalan atau ketidakmampuan dari penyanyi yang bersangkutan. Ada beberapa artis yang menyuarakan anti Lip Sync seperti Lady Gaga. Dia menunjukan, bernyanyi dan menari tidak mengganggu kualitas bernyanyinya bagi orang-orang yang benar-benar mau berusaha menampilkan yang terbaik.