Lion Feuchtwanger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Lion Feuchtwanger (1884-1958) adalah seorang penulis berkebangsaan Jerman yang lahir pada tanggal 7 Juli 1884, di Munich, Jerman. Lion berasal dari keluarga Yahudi yang kaya raya. Lion adalah seorang anggota terhormat dari angkatan sastra Jerman setelah Perang Dunia I. Novel “Success” ciptaannya menjadi salah satu karya besar di abad ke-20. Lion hidup dan menulis dalam pengasingan di akhir masa hayatnya.[1]

Lion menempuh pendidikan tinggi di Universitas Berlin dan Munich pada bidang filsafat, sastra, serta bahasa kuno dan modern. Selain sibuk kuliah, ia sekaligus mendalami hobinya di bidang teater. Ia bahkan sempat menulis naskah teater tentang tiga cerita dalam  Perjanjian Lama, yaitu: Yoel, Raja Saul, dan Istri Uriah (1905-1906).

Setelah lulus kuliah, ia menjadi kritikus teater untuk Die Schaubühne (The Stage) pada tahun 1908 sampai 1911. Ia menikah dengan Martha Loffler pada tahun 1912.

Beberapa waktu setelah meletus Perang Dunia I, pada tahun 1914, ia ditangkap dan dipenjara saat berada di Tunisia karena dianggap sebagai musuh. Ia kembali ke Jerman dan menjadi tentara setelah berhasil meloloskan diri dari tahanan. Setelah Lion keluar dari dinas militer, ia menulis beberapa naskah teater anti-perang (salah satunya berjudul “Peace” dan diinspirasi dari naskah teater karya Aristophanes). Akan tetapi, semangat patriotisme selama masa perang membuat Lion mendapatkan tekanan dari banyak pihak. Lion akhirnya kembali ke Berlin dan menyelesaikan kuliahnya. Ia menerima gelar Ph. D. di bidang sastra pada tahun 1918. Tesis yang ditulis Lion berfokus pada sosok penyair Jerman-Yahudi abad ke-19 yang terkenal, Heinrich Heine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lion Feuchtwanger Facts". biography.yourdictionary.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-08.