Lingsar, Lingsar, Lombok Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lingsar
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiNusa Tenggara Barat
KabupatenLombok Barat
KecamatanLingsar
Kodepos83371
Luas4,51 km²
Jumlah penduduk4.151 jiwa
Kepadatan920 jiwa/km²

Desa Lingsar adalah merupakan salah satu Desa diwilayah Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Dan merupakan Ibu Kota Kecamatan Lingsar. Dan merupakan desa tertua dalam sejarah Desa yang ada diwilayah kecamatan Lingsar.

Lingsar merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Lingsar, kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa merupakan satu dari 10 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Lingsar. Desa ini memiliki kodepos 83371.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sasak. Terletak di bagian barat pulau Lombok. Dengan Jumlah penduduk 4.151 jiwa dan kepadatan 920 jiwa/km² pada tahun 2016. Wilayah Desa Lingsar yang memiliki surplus air yang terbilang lancar membuat warganya mampu membudidayakan ikan air tawar.

Salah satu potensi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dari mancanegara, maupun lokal adalah Taman Lingsar yang berlokasi di Dusun Taman Lingsar Desa Lingsar, Taman Lingsar merupakan peninggalan sejarah kerajaan Anak Agung.

Adapun beberapa tradisi unik yang dimiliki oleh desa lingsar yang sampai sekarang masih terus di laksanakan yaitu Malean sampi yang menjadi tradisi turun menurun yang terdapat di Desa Lingsar. Malean Sampi merupakan balapan sapi yang dilakukan oleh masyarakat desa, dan Perang Topat yang juga Merupakan salah satu tradisi di desa LINGSAR untuk merayakan perbedaan yang ada di desa Lingsar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]