Liga Conference Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Liga Conference Inggris
Football Conference.png
Negara  Inggris
 Wales
Dibentuk 1979 (Nasional)
2004 (Utara & Selatan)
Divisi Conference Nasional
Conference Utara
Conference Selatan
Jumlah tim 24 Nasional
22 Utara & 22 Selatan
Tingkatan 5 (Nasional)
6 (Utara dan Selatan)
Promosi ke Liga Dua
Degradasi ke Liga Utara
Liga Isthmian
Liga Selatan
Kejuaraan domestik Piala FA
Trofi FA
Piala Liga Conference
Juara bertahan Fleetwood Town (Nasional)
Hyde (Utara)
Woking (Selatan) (2011–12)
Situs web Situs web Resmi
Soccerball current event.svg Liga Conference Inggris 2012–13

Liga Conference Inggris (bahasa Inggris: Football Conference) adalah liga sepak bola di Inggris yang terdiri dari tiga divisi yaitu Conference National, Conference North dan Conference South. Liga ini adalah liga tingkat ke-5 dan ke-6 dalam sistem liga sepak bola Inggris.

Conference Nasional adalah tingkat ke-5 dan divisi profesional terendah dalam sistem liga sepak bola di Inggris, di bawah Liga Primer dan tiga divisi Football League.

Conference Selatan dan Conference Utara adalah tingkat ke-6 dalam sistem liga sepak bola di Inggris, di bawah Liga Primer dan tiga divisi Football League. Dua divisi ini adalah divisi yang sejajar dan berjalan paralel dan masing-masing juara dari divisi ini berhak promosi ke Conference Nasional.

Sebagian besar klub di divisi Conference Nasional sepenuhnya profesional, sedangkan beberapa klub dan sebagian besar klub di divisi Conference Utara dan Selatan adalah semi-profesional.

Liga Conference dioperasikan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) melalui Sistem Liga Nasional[1][2] terpisah dari The Football League.

Struktur organisasi[sunting | sunting sumber]

Liga Conference adalah tingkat teratas dari Sistem Liga Nasional (NLS), yang merupakan struktur liga yang komprehensif dan secara bersama menghubungkan lebih dari 50 liga yang berbeda di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Divisi Conference Nasional adalah pada Step 1 dari NLS, sedangkan Conference Selatan dan Utara merupakan Step 2. Di atas Liga Conference adalah 92 klub yang bersama-sama membentuk tingkat tertinggi dalam sistem liga sepak bola Inggris, yaitu Liga Primer dan Football League. Di bawah Liga Conference adalah Step 3 dan liga-liga yang lebih rendah dari NLS.

Divisi Conference Nasional terdiri dari 24 klub sedangkan Divisi Conference Utara dan Selatan masing-masing terdiri dari 22 klub. Setiap klub bermain sebanyak 2 kali dalam satu musim yaitu pertandingan kandang dan tandang. Klub mendapatkan tiga poin bagi yang menang, satu untuk hasil imbang, dan nol untuk yang kalah.

Pada akhir musim dua klub dipromosikan dari Conference Nasional ke Liga Dua dan dua tim dari Liga Dua didegradasi ke Conference Nasional. Dua tempat promosi diberikan kepada juara Conference Nasional dan kepada pemenang dari play-off antara klub berada di posisi kedua sampai kelima di klasemen akhir.

Sementara itu empat klub terbawah dari Conference Nasional yang diturunkan ke Conference Utara dan Selatan. Keputusan ke divisi mana klub didegradasi dibuat oleh Komite FA NLS, namun sebagian besar ditentukan oleh aspek geografi. Keempat tim terdegradasi digantikan oleh empat tim dipromosikan, dua dari Conference Utara dan dua dari Conference Selatan, yang masing-masing terdiri dari juara dan pemenang play-off antara klub tempat kedua sampai kelima pada klasemen akhir musim.

Di bagian bawah Conference Utara dan Conference Selatan, tiga klub dari divisi masing-masing didegradasi dan enam klub ini dibagi 3 untuk bergabung ke liga Step 3 dari NLS, yaitu Liga Utara, Liga Selatan, dan Liga Isthmian. Masing-masing liga di Step 3 mempromosikan juara dan pemenang play-off. Komite NLS juga menentukan klub dari liga Step 3 yang terdegradasi dan klub yang dipromosikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1979, klub-klub terkemuka di luar Football League yang bermain di liga wilayah selatan (bahasa Inggris: Southern Football League) dan liga wilayah utara (bahasa Inggris: Northern Premier League) membentuk Liga Conference, yang sebelumnya bernama Alliance Premier League.[3]

Klub-klub pendiri tersebut adalah :

Barrow dan Northwich sebelumnya adalah anggota The Football League. Barrow gagal dalam pemilihan ulang pada tahun 1972, sementara Northwich mengundurkan diri dari Football League pada tahun 1894. Barnet dan Yeovil saat ini anggota dari Football League, sementara Scarborough, Maidstone (baik sekarang maupun setelah pembentukan baru) dan Boston juga pernah bermain di Football League sejak pembentukan Football Conference, namun sekarang kembali bermain Football Conference.

Bangor City kemudian pindah ke liga sepak bola Wales, sementara AP Leamington, Maidstone, Nuneaton, Scarborough, dan Telford kemudian bubar dan harus disatukan di liga yang lebih rendah. Gravesend & Northfleet berubah nama menjadi Ebbsfleet United pada tahun 2007.

Setelah 25 tahun berjalan dengan divisi tunggal, mulai musim 2004-05 dibentuk divisi baru sehingga menjadi 3 divisi. Divisi asli sebelumnya diberi nama Conference Nasional dan dibentuk 2 divisi baru dengan level sejajar berada dibawah Conference Nasional, yaitu Conference Selatan dan Conference North. Klub yang tergabung di Conference South dan Conference North diambil dari Liga Selatan, Liga Utara dan Liga Isthmian, sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh Komite Sistem Liga Nasional (NLS).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National League System-Clubs allocations". TheFA.com. Diakses 10 Agustus 2012. 
  2. ^ "Club released allocations for Steps 1 to 4 of the National League System for season 2012-13" (PDF). TheFA.com. Diakses 10 Agustus 2012. 
  3. ^ "history of Football Conference". footballconference.co.uk. Diakses 11 September 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]