Liang Qiuxia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Liang Qiuxia (ditulis juga sebagai Liang Chiu Hsia; lahir di Cirebon, Jawa Barat, 09 September 1950; umur 70 tahun) adalah pemain bulu tangkis Timnas Tiongkok yang kemudian pindah kewarganegaran Indonesia. Dia merupakan Kakak dari ganda putra legendaris Indonesia, Tjun Tjun.

Liang Qiuxia adalah salah satu pemain Bulutangkis Tiongkok yang paling sukses pada tahun 1970an. Selama masa itu masih ada pemisahan yang ketat antara WBF, yang lebih dekat dengan Tiongkok, dan IBF yang tidak menggap Assosiasi Tiongkok, sehingga Liang Qiuxia Sulit mengikuti Kompetisi dari Assosiasi IBF. Pada tahun 1974 ia Mendapatkan medali perak di Asian Games dalam Tunggal Putri dan Emas di Ganda Putri dengan Cheng Huiming. Pada tahun 1976, dia menjadi juara Asia, dan pada tahun 1978 dia kembali memenangkan Asian Games di nomor tunggal putri.

Setelah gantung raket, Dia kembali ke tanah air Indonesia pada tahun 1987 dan melatih Tim nasional bulu tangkis Indonesia, kemudian dia berhasil membawa Susi Susanti menjadi Pemain tunggal putri tangguh yang ada di Indonesia.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Juara Bulu tangkis pada Asian Games 1974 ganda putri bersama Cheng Huiming
  • Finalis Bulu tangkis pada Asian Games 1974 tunggal putri
  • Juara Chinese National Championships 1975 ganda putri bersama Li Fang
  • Juara Bulu tangkis pada Asian Games 1978 tunggal putri

Referensi[sunting | sunting sumber]