Leysus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nama lahir Sugeng Winarso
Lahir 28 Desember 1959
Bendera Indonesia Malang, Jawa Timur, Indonesia
Meninggal 3 Januari 2006 (umur 46)
Pekerjaan aktor, pelawak

Sugeng Winarso (lebih dikenal dengan nama Leysus; (lahir di Kepanjen, Malang, 28 Desember 1959 – meninggal 3 Januari 2006 pada umur 46 tahun) adalah seorang pelawak Indonesia. Bersama dengan kakaknya, Topan, ia dikenal dengan penampilannya dalam acara Ketoprak Humor yang ditayangkan di televisi.

Lahir dari pasangan Abdul Gani dan Malsamah, Leysus awalnya berkarier sebagai seorang guru. Karier melawaknya dirintis di dunia komedi tradisional, yakni di Ketoprak Siswo Budoyo Tulungagung. Ia terjun ke dunia lawak lebih dulu, sebelum Topan menyusulnya pada tahun 1992. Setelah tidak lagi tampil dalam Ketoprak Humor, keduanya menjadi bintang beberapa acara yang populer, di antaranya Ronda, Pansus, dan Toples Show. Leysus juga pernah bergabung dengan grup lawak Srimulat.

Selain melawak, ia juga berkecimpung dalam dunia tarik suara. Ia pernah merilis album-album berirama dangdut dan berbahasa Jawa. Ia juga sempat mengelola stasiun radio Monalisa di Sumberpucung, Malang. Pada Pemilu 2004, ia menjadi calon anggota legislatif untuk daerah pemilihan Malang Raya mewakili Partai Karya Peduli Bangsa.

Leysus meninggal dunia pada 3 Januari 2006 setelah terkena kanker mulut yang diketahui sekitar sebulan sebelumnya. Ia meninggalkan dua orang istri, masing-masing Ririn yang dikaruniai empat orang putra putri dan Nana Darlina yang dikaruniai seorang putri.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  • Kalau Senayan sudah ada pelawak, politikus-politikus tidak akan berani melawak, karena di institusi itu sudah ada pelawak yang lebih berpengalaman dan kompeten (saat ditanya alasannya terjun ke dunia politik).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]