Gepeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gepeng
Gepeng srimulat.jpg
Nama lahir Freddy Aris
Lahir (1950-08-27)27 Agustus 1950
Bendera Indonesia Koplak Lor, Muntilan, Jawa Tengah, Indonesia
Meninggal 11 Juni 1988(1988-06-11) (umur 37)
Bendera Indonesia Kota Surakarta, Jawa Tengah
Pekerjaan pelawak, pemeran

Gepeng (nama asli: Freddy Aris lahir di Koplak Lor, Muntilan, Jawa Tengah, 27 Agustus 1950 – meninggal di Kota Surakarta, Jawa Tengah, 11 Juni 1988 pada umur 37 tahun) adalah seorang pelawak Indonesia yang terkenal pada tahun 1980-an. Gepeng adalah pelawak kelahiran Surakarta, Jawa Tengah yang memulai kariernya dari pesuruh pada perkumpulan ketoprak di Surakarta. Ia lalu bergabung ke kelompok lawak Srimulat, di mana kariernya sebagai pelawak melejit dan menjadi sangat populer. Dalam salah satu episode lawakan Srimulat yang ditayangkan di televisi, ada adegan di mana Juju - sang primadona Srimulat - yang berperan sebagai majikan Gepeng sang jongos, terancam dilecehkan secara seksual, tetapi sempat diselamatkan oleh Gepeng. Pada adegan tersebut Gepeng berucap "Untung, ada saya!", sambil membusungkan dada. Ucapan tersebut menjadi terkenal bersamaan dengan melejitnya popularitas Gepeng.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, Gepeng tersandung masalah kepemilikan senjata api secara tidak sah atau ilegal. Ia pun dijatuhkan vonis lima bulan penjara sebelum akhirnya mendapat grasi dari Presiden Soeharto.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Komedian dengan slogan yang khas "untung ada saya" ini berpulang pada tanggal 11 Juni 1988 dalam usia 37 tahun karena penyakit liver yang disebabkan oleh kebiasaanya mengonsumsi minuman beralkohol. Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

Filmografi[sunting | sunting sumber]