Levinus Wilhelmus Christiaan Keuchenius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Levinus Wilhelmus Christiaan Keuchenius

Levinus Wilhelmus Christiaan Keuchenius (lahir di Batavia (sekarang Jakarta), 21 Oktober 1822 – meninggal di 's-Gravenhage, 17 Desember 1893 pada umur 71 tahun) adalah pengacara dan politikus Belanda.

Keuchenius adalah pengikut setia Guillaume Groen van Prinsterer, yang menjadi pengacara di Hindia Belanda dan sekretaris jenderal Kementerian Jajahan di Belanda. Pada tahun 1866, ia menjadi anggota Tweede Kamer. Mosi penolakannya atas pengangkatan Pieter Mijer sebagai GubJend. Hindia Belanda menyebabkan terjadinya konflik antara pemerintah dan Tweede Kamer. Ia kemudian pergi ke Hindia Belanda, namun kembali lagi ke Tweede Kamer pada tahun 1879. 8 tahun kemudian, ia memintakan grasi untuk pimpinan sosialis Ferdinand Domela Nieuwenhuis, yang karena penodaan terhadap monarki dijatuhi vonis hukuman penjara. Hal itu membuat Keuchenius mendapat teguran pedas dari koran partainya sendiri De Standaard. Setelah Nieuwenhuis terpilih di parlemen pada tahun berikutnya, Keuchenius adalah satu-satunya anggota parlemen yang tak menyambutnya.

Dalam Kabinet Mackay, ia menjadi Menteri Jajahan. Ia adalah pelindung fanatik pendidikan luar biasa dan misi Kristen. Sikap itu membuatnya dijatuhkan pada tahun 1890 oleh badan utama Eerste Kamer yang liberal.

Meskipun wajahnya cacat, Keuchenius bisa berpidato lama sekali. Ada 2 pendapat mengapa wajahnya menjadi cacat. Ada yang mengatakan hal itu terjadi karena serangan stroke pada tahun 1853 di Aachen, dan lainnya mengatakan ia diracun di Jawa.

Didahului oleh:
Jacobus Petrus Sprenger van Eyk
Menteri Jajahan
1888-1890
Diteruskan oleh:
Æneas Mackay Muda