Lepu tembaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lepu tembaga
Synanceia horrida

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN114179968
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoScorpaeniformes
FamiliScorpaenidae
GenusSynanceia
SpesiesSynanceia horrida
(Linnaeus, 1766)
Tata nama
ProtonimScorpaena horrida

Synanceia horrida atau lepu tembaga, adalah spesies ikan bersirip kipas laut berbisa, ikan batu milik subfamili Synanceiinae yang diklasifikasikan sebagai dalam keluarga Scorpaenidae, kalajengking dan kerabat mereka. Ini adalah ikan bentik yang ditemukan di wilayah Indo-Pasifik. Spesies ini dianggap sebagai salah satu ikan berbisa paling berbahaya di dunia. Ini adalah pameran populer di akuarium umum dan ditemukan dalam perdagangan akuarium pribadi.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Synanceia horrida adalah ikan bentik berwarna kusam yang bisa berwarna abu-abu kecoklatan hingga kemerahan atau coklat kehijauan. Kulit tidak memiliki sisik tetapi tertutup kutil dan sering tumbuh alga berserabut di atasnya. Kepala tertekan dengan mata kecil dengan jarak lebar yang duduk tinggi di kepala dan mengarah ke atas. Ada lubang yang dalam di belakang dan di bawah setiap mata. Mulutnya yang besar hampir vertikal dan memiliki bibir yang menganga lebar dan berjumbai. Sirip dada besar dan berdaging. [2] Ada 13 atau 14 duri dan 6 jari lunak di sirip punggung, [3] duri kedua hingga keempat lebih panjang dari yang lain. [2] Sirip dubur memiliki 3 duri dan 5 sinar lembut. Spesies ini mencapai panjang total maksimum 60 cm (24 in) . [3]

Biologi[sunting | sunting sumber]

Synanceia horrida disamarkan, tidak seperti banyak spesies berbisa lainnya yang menggunakan pewarnaan aposematik cerah untuk memperingatkan calon pemangsa, dan menyerupai batu yang diletakkan di dasar. Ia mengeluarkan cekungan di substrat dengan sirip dadanya yang besar dan melingkarkan ekornya di sekeliling tubuhnya untuk menyempurnakan kamuflase ini. [4] Ini adalah predator penyergap nokturnal, memangsa ikan kecil, krustasea dan cephalopoda. [2] Mulut besar digunakan untuk menghisap mangsa yang berenang cukup dekat untuk ditelan. [4] Spesies ini dapat mentolerir berada di luar air hingga 24 jam. Sedikit yang diketahui tentang biologi reproduksinya, selain seksual. [5] Namun, betina lebih besar dari jantan dan telah diamati bertelur secara berkelompok di perairan dangkal di atas substrat lanau di Queensland . [6]

Bisa[sunting | sunting sumber]

Synanceia horrida, seperti ikan batu lainnya, dianggap sebagai salah satu ikan berbisa paling berbahaya. Setiap duri sirip memiliki penutup berdaging di dasarnya di mana terdapat dua kelenjar penghasil racun. Saat ikan diganggu, ia menegakkan duri-durinya; jika ikan diinjak, duri bertindak seperti jarum suntik, menyuntikkan racun ke dalam luka. Racun memiliki efek pada sistem kardiovaskular dan neuromuskuler. Sengatannya sangat menyakitkan dan diketahui mematikan. Antivenom dapat diberikan setelah envenomation. Sejak pemukiman Eropa, tidak ada kematian yang tercatat di Australia akibat racun ikan batu, tetapi kematian seperti itu telah tercatat di tempat lain dalam jangkauannya. [2] Perendaman luka sengatan dalam air panas juga dapat digunakan untuk mendenaturasi racun. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Motomura, H.; Matsuura, K.; Khan, M. (2018). "Synanceia horrida": e.T114179968A116344072. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T114179968A116344072.en. 
  2. ^ a b c d Bray, D.J. (2020). "Synanceia horrida". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 16 April 2022. 
  3. ^ a b Froese, Rainer; Pauly, Daniel (eds.) (2022).
  4. ^ a b c "Hollow-cheeked stonefish Synanceia horrida Family Synanceiidae". Wild Singapore. October 2020. Diakses tanggal 16 April 2022. 
  5. ^ "Estuarine Stonefish Synanceia horrida". Western Australian Museum. Diakses tanggal 16 April 2022. 
  6. ^ D.G Fewings; L.C. Squire (1999). "Notes on reproduction in the estuarine stonefish Synanceia horrida" (PDF). SPC Live Reef Fish Information Bulletin. 5 (April 1999): 31–33.