Leptospermum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leptospermum
Leptospermum arachnoides
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Leptospermum

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]

Leptospermum /ˌlɛptəˈspɜːrməm, -t-/[2][3] adalah genus perdu dan pohon kecil dalam keluarga Myrtaceae. Sebagian besar spesiesnya merupakan tumbuhan endemik Australia, dengan keanekaragaman terbesar terdapat di bagian selatan benua, namun ada juga yang berasal dari belahan dunia lain, termasuk Selandia Baru dan Asia Tenggara. Semua anggotanya, pada bunganya memiliki lima mahkota bunga yang mencolok dan lima kelompok benang sari yang bergantian dengan mahkota, serta Terdapat satu corak di tengah bunganya. Buahnya berbentuk kapsul berkayu.

Deskripsi formal pertama tentang genus ini diterbitkan pada tahun 1776 oleh seorang ahli botani asal Jerman, Johann Reinhold Forster dan putranya yakni Georg Forster, tetapi definisi yang jelas tentang spesies individu dalam genus ini baru tercapai pada tahun 1979. Anggotanya tumbuh di berbagai habitat, tetapi paling sering ditemukan di tanah yang lembab dan rendah nutrisi. Mereka memiliki kegunaan penting dalam hortikultura, produksi madu, dan budidaya bunga.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar spesies yang diterima oleh Sensus Tumbuhan Australia pada Maret 2020,[1] selain dua spesies (L. javanicum dan L. recurvum) yang hanya terdapat di luar Australia yang diterima oleh Royal Botanic Gardens, Kew:[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Leptospermum". Australian Plant Census. Diakses tanggal 19 March 2020. 
  2. ^ "Leptospermum". Dictionary.com Unabridged. Random House. Diakses tanggal 2016-01-21. 
  3. ^ Sunset Western Garden Book, 1995:606–607
  4. ^ Kew World Checklist of Selected Plant Families