Lepek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lapik atau pisin[1] (bahasa Inggris: saucer) adalah piring kecil yang digunakan sebagai alas cangkir, gelas dan sebagainya.[2] Lepek dapat berupa piring kecil ataupun mangkuk pendek tempat cangkir diletakkan–umumnya untuk menyajikan kopi atau teh. Bagian tengah dari lepek biasanya dirancang sedikit cekung yang muat untuk cangkir pasangannya, atau adakalanya malah timbul, dan lepek klasik mungkin tidak ada bagian cekung atau timbul sama sekali.

Lepek berfungsi untuk melindungi permukaan meja dari kemungkinan kerusakan yang dapat ditimbulkan dari panas minuman, juga untuk menampung cipratan dan tumpahan minuman jika tertuang berlebihan. Lepek juga berguna untuk mencegah peminum teh/kopi yang sedang berdiri dari memegang langsung ke bagian bawah gelas yang panas. Selain itu, lepek juga dapat menjadi tempat yang pas untuk meletakkan sendok teh seusai mengaduk. Beberapa orang mungkin menuang teh atau kopi panas ke lepek[3][4] untuk mengangin-anginkannya hingga pada suhu yang pas untuk diminum.

Meskipun sering menjadi bagian dari perlengkapan pengaturan meja makan malam, cangkir teh dengan rancangan unik umumnya dijual dengan lepek yang serasi, kadang pula terpisah, atau juga bagian dari perlengkapan teh (termasuk poci dan piring makanan kecil).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2023-07-03. 
  2. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-05-24. 
  3. ^ "Victoriana Blog, with paintings". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-11. Diakses tanggal 2019-05-24. 
  4. ^ Washington and Jefferson senatorial saucer, 9th para.