Lenggek cahaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketinggian interior katedral Gotik, dengan lenggek cahaya yang disorot.

Lenggek cahaya adalah bagian dinding tinggi yang berisi jendela di atas ketinggian mata. Tujuannya adalah untuk menerima cahaya, udara segar, atau keduanya.

Secara historis, lenggek cahaya membentuk tingkat atas basilika Romawi atau bagian tengah gereja Romawi atau Gotik, yang dindingnya menjulang di atas garis atap lorong bawah dan ditembus jendela.

Struktur serupa telah digunakan pada kendaraan transportasi untuk memberikan penerangan tambahan, ventilasi, atau ruang kepala.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dunia kuno[sunting | sunting sumber]

Arsitektur lenggek cahaya tampaknya berasal dari kuil-kuil Mesir kuno . Istilah "lenggek cahaya" berlaku untuk kuil-kuil Mesir, di mana penerangan aula kolom diperoleh di atas atap batu dari lorong-lorong yang bersebelahan, melalui celah yang tersisa pada lempengan batu vertikal. Lenggek cahaya muncul di Mesir setidaknya pada awal periode Amarna . [1]

Sebaliknya, di istana Minoa di Kreta seperti Knossos, sumur cahaya digunakan sebagai tambahan lenggek cahaya. [2]

Menurut catatan Alkitab, kuil Ibrani yang dibangun oleh Raja Salomo menampilkan jendela-jendela lenggek cahaya yang dimungkinkan oleh penggunaan atap yang tinggi, bersudut dan bertiang bubungan tengah. [3]

Lenggek cahaya digunakan dalam arsitektur Helenistik pada periode akhir peradaban Yunani kuno . Bangsa Romawi menerapkan lenggek cahaya pada basilika keadilan dan pemandian serta istana yang mirip basilika.

Basilika Kristen awal dan Bizantium[sunting | sunting sumber]

Gereja-gereja Kristen mula-mula dan beberapa gereja Bizantium, khususnya di Italia, berbasis dekat basilika Romawi, dan mempertahankan bentuk bagian tengah yang diapit oleh lorong-lorong bawah di setiap sisinya. Bagian tengah dan lorong dipisahkan oleh kolom atau tiang, di atasnya menjulang tembok yang ditembus jendela lenggek cahaya.

Periode Romawi[sunting | sunting sumber]

Selama periode Romawi, banyak gereja berbentuk basilika dibangun di seluruh Eropa. Banyak dari gereja-gereja ini beratap kayu dengan lenggek cahaya di bawahnya. Beberapa gereja bergaya Romawi memiliki langit-langit berkubah tanpa lenggek cahaya. Perkembangan bentuk kubah memungkinkan penyisipan jendela lenggek cahaya.

Awalnya bagian tengah gereja besar dengan lorong dan lenggek cahaya terdiri dari dua tingkat: arkade dan lenggek cahaya. Selama periode Romawi, tingkat ketiga disisipkan di antara mereka, sebuah galeri yang disebut " triforium ". Triforium umumnya terbuka ke ruang di bawah atap lorong yang miring. Ini menjadi ciri standar gereja biara dan katedral besar bergaya Romawi dan Gotik di kemudian hari. Terkadang galeri lain dipasang di ruang dinding di atas triforium dan di bawah lenggek cahaya. Fitur ini ditemukan di beberapa bangunan Romawi akhir dan Gotik awal di Prancis.

Jendela kaca lenggek cahaya tertua yang masih ada berasal dari akhir abad kesebelas, ditemukan di Katedral Augsburg di Bavaria, Jerman.

Periode Gotik[sunting | sunting sumber]

Lenggek cahaya Katedral Amiens di Perancis utara

Di gereja yang lebih kecil, jendela lenggek cahaya mungkin berbentuk tripatera atau pancapatera. Di beberapa gereja di Italia, hal ini bersifat okular . Di sebagian besar gereja besar, mereka merupakan fitur penting, baik untuk keindahan maupun kegunaan. Kubah bergaris dan sagang terbang arsitektur Gotik memusatkan bobot dan daya dorong atap, membebaskan ruang dinding untuk fenestrasi lenggek cajaya yang lebih besar. Secara umum, dalam mahakarya Gotik, lenggek cahaya dibagi menjadi beberapa ruang oleh tiang-tiang kubah yang meneruskan tiang-tiang tinggi yang sama yang membentuk arkade yang memisahkan lorong-lorong dari bagian tengah.

Kecenderungan dari periode Romawi awal hingga periode Gotik akhir adalah tingkat lenggek cahaya menjadi semakin tinggi dan ukuran jendela menjadi lebih besar secara proporsional dibandingkan dengan permukaan dinding, hal ini muncul dalam karya-karya seperti arsitektur Gotik di Katedral Amiens atau Westminster. Abbey, di mana lenggek cahayanya mencapai hampir sepertiga tinggi interiornya. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gwendolyn Leick and Francis J. Kirk, A Dictionary of Ancient Near Eastern Architecture, 1988, Routledge, 261 pages ISBN 0-415-00240-0
  2. ^ C. Michael Hogan, Knossos fieldnotes, Modern Antiquarian (2007)
  3. ^ Palmer, Allison Lee (2008-09-11). Historical Dictionary of Architecture. Scarecrow Press. hlm. 267. ISBN 978-0-8108-6283-8. Diakses tanggal 2014-06-15. 
  4. ^ Simpson, Frederick Moore (1922). History of Architectural Development. Longmans, Green, and Company. hlm. 273.