Lendra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lendra
Symphurus

Symphurus arawak
Symphurus ommaspilus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPleuronectiformes
FamiliCynoglossidae
GenusSymphurus
Rafinesque, 1810
Tata nama
Sinonim takson
  • Ammopleurops Günther, 1862
  • Glossichthys Gill, 1861

Symphurus adalah genus ikan dalam keluarga Cynoglossidae yang terdapat di Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Sebagian besar spesies terutama hidup di perairan yang relatif dangkal, termasuk muara . Di Indonesia, ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan lendra, atau plat plat.

Beberapa spesies juga ditemukan di perairan yang lebih dalam, termasuk S. thermophilus yang hidup di ventilasi hidrotermal (satu-satunya ikan pipih yang diketahui dari habitat ini). [1] [2] Spesies ini dibedakan berdasarkan gabungan sirip punggung, ekor, dan dubur, tidak adanya gurat sisi dan sirip dada, serta hanya terdapat satu sirip perut . Mereka adalah ikan pipih sinistral, artinya saat dewasa, tengkoraknya tidak simetris, dengan kedua mata berada di sisi kiri. Spesies terbesar tumbuh menjadi sekitar 32 cm (1 ft) panjang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tyler, J. (2005): Distribution, population characteristics and trophic ecology of a sulphophilic hydrothermal vent tonguefish (Pleuronectiformes: Cynoglossidae). Master of Science. Thesis. University of Victoria: Canada.
  2. ^ Munroe, T.A. & Hashimoto, J. (2008): A new Western Pacific Tonguefish (Pleuronectiformes: Cynoglossidae): The first Pleuronectiform discovered at active Hydrothermal Vents. Zootaxa, 1839: 43–59.